Tingkatkan Layanan, Ciamis Luncurkan 55 Layanan Dalam Program Pepatah Manis

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menunjukkan komitmennya dalam mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat melalui program Pepatah Manis (Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis).

Sebanyak 55 jenis pelayanan dari 23 Unit Pelayanan Publik (UPP) diturunkan langsung ke tengah masyarakat yang dipusatkan di Gedung Dakwah, Kecamatan Sindangkasih, Kamis (24/04/2025),

Kegiatan rutin yang digagas Pemkab Ciamis ini guna memastikan akses publik terhadap layanan pemerintahan lebih cepat, mudah, dan terjangkau, terutama bagi warga di daerah pelosok.

Program ini juga merupakan implementasi dari rencana tindak lanjut yang telah disepakati bersama Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.

Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya menegaskan, program Pepatah Manis bukan sekadar inovasi, melainkan bentuk nyata dari upaya pemerintah untuk memperpendek jarak antara masyarakat dan layanan publik.

"Kami akan selalu konsisten dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Intinya ASN harus melayani masyarakat dengan baik, Alhamdulillah OPD, instansi dan juga perbankan bergabung untuk sama-sama mempermudah masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.

Ditegaskan, ASN harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, yang paling penting yang harus kita sadari, bahwa kita ini sebagai abdi negera pelayan rakyat, pelayan negeri.

“Yang saya wanti-wanti jangan sekali-kali para pimpinan OPD dan camat jangan minta dilayani masyarakat, apalagi ASN apabila terdapat ASN yang ingin dilayani masyarakat, saya tidak akan segan-segan memberikan sanksi atau memecatnya, rotasi mah gampang di- ASN-mah," tegasnya.

Kegiatan Pepatah Manis yang rutin dilaksanakan sejak 5 tahun lalu, diharapkan kedepannya program ini berjalan dengan lancar.

"Bekerja yang ikhlas layani masyarakat dengan baik Pepatah Manis ini merupakan pelayanan kepada masyarakat secara langsung supaya masyarakat menjadi dekat, jadi kita jemput bola sehingga dari Ciamis, Sindangkasih, Cikoneng dan Cihaurbeuti bisa datang ke Sindangkasih," katanya seraya mangakui, pihaknya Pemkab akan selalu konsisten dan komitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Dalam gelaran program Pepatah Manis di Sindangkasih tidak hanya pelayanan administrasi dan layanan publik, tapi diwarnai dengan Operasi Pasar Murah (OPM) untuk menambah daya tarik warga hadir dan memanfaatkan momen tersebut.

Warga yang hadir pun menyambut kegiatan ini dengan antusias. Banyak dari mereka memanfaatkan layanan mulai dari administrasi kependudukan, kesehatan, perizinan,  tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor instansi terkait.

Dalam kesempatan itu Bupati Ciamis menyerahkan penghargaan kepatuhan pelayanan publik tahun 2024 kepada sejumlah unit pelayanan yang dinilai berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

"Jangan berharap pada selembar kertas penghargaan. Utamakan pelayanan kepada masyarakat. Kalau pun ada penghargaan, itu hanya bonus atas kerja keras kita,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin dalam kegiatan ini. Bupati berharap, program Pepatah Manis tidak hanya menjadi rutinitas administratif, tetapi benar-benar memberi manfaat nyata, terutama bagi masyarakat di Kecamatan Sindangkasih dan sekitarnya. (EDA)*


Post a Comment

0 Comments