CIAMIS,-
Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menunjukkan komitmennya dalam mendekatkan
pelayanan publik kepada masyarakat melalui program Pepatah Manis (Pelayanan
Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis).
Sebanyak
55 jenis pelayanan dari 23 Unit Pelayanan Publik (UPP) diturunkan langsung ke
tengah masyarakat yang dipusatkan di Gedung Dakwah, Kecamatan Sindangkasih, Kamis
(24/04/2025),
Kegiatan
rutin yang digagas Pemkab Ciamis ini guna memastikan akses publik terhadap
layanan pemerintahan lebih cepat, mudah, dan terjangkau, terutama bagi warga di
daerah pelosok.
Program
ini juga merupakan implementasi dari rencana tindak lanjut yang telah
disepakati bersama Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.
Bupati
Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya menegaskan, program Pepatah Manis bukan sekadar
inovasi, melainkan bentuk nyata dari upaya pemerintah untuk memperpendek jarak
antara masyarakat dan layanan publik.
"Kami
akan selalu konsisten dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi
masyarakat Kabupaten Ciamis. Intinya ASN harus melayani masyarakat dengan baik,
Alhamdulillah OPD, instansi dan juga perbankan bergabung untuk sama-sama
mempermudah masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada
masyarakat," katanya.
Ditegaskan,
ASN harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, yang paling penting yang
harus kita sadari, bahwa kita ini sebagai abdi negera pelayan rakyat, pelayan
negeri.
“Yang
saya wanti-wanti jangan sekali-kali para pimpinan OPD dan camat jangan minta
dilayani masyarakat, apalagi ASN apabila terdapat ASN yang ingin dilayani
masyarakat, saya tidak akan segan-segan memberikan sanksi atau memecatnya,
rotasi mah gampang di- ASN-mah,"
tegasnya.
Kegiatan
Pepatah Manis yang rutin dilaksanakan sejak 5 tahun lalu, diharapkan kedepannya
program ini berjalan dengan lancar.
"Bekerja
yang ikhlas layani masyarakat dengan baik Pepatah Manis ini merupakan pelayanan
kepada masyarakat secara langsung supaya masyarakat menjadi dekat, jadi kita
jemput bola sehingga dari Ciamis, Sindangkasih, Cikoneng dan Cihaurbeuti bisa
datang ke Sindangkasih," katanya seraya mangakui, pihaknya Pemkab akan
selalu konsisten dan komitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk
masyarakat Tatar Galuh Ciamis.
Dalam
gelaran program Pepatah Manis di Sindangkasih tidak hanya pelayanan
administrasi dan layanan publik, tapi diwarnai dengan Operasi Pasar Murah (OPM)
untuk menambah daya tarik warga hadir dan memanfaatkan momen tersebut.
Warga
yang hadir pun menyambut kegiatan ini dengan antusias. Banyak dari mereka
memanfaatkan layanan mulai dari administrasi kependudukan, kesehatan,
perizinan, tanpa harus jauh-jauh datang
ke kantor instansi terkait.
Dalam
kesempatan itu Bupati Ciamis menyerahkan penghargaan kepatuhan pelayanan publik
tahun 2024 kepada sejumlah unit pelayanan yang dinilai berhasil menjalankan
tugasnya dengan baik.
"Jangan
berharap pada selembar kertas penghargaan. Utamakan pelayanan kepada
masyarakat. Kalau pun ada penghargaan, itu hanya bonus atas kerja keras kita,”
katanya.
Apresiasi
juga disampaikan kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat atas sinergi dan
kolaborasi yang terjalin dalam kegiatan ini. Bupati berharap, program Pepatah
Manis tidak hanya menjadi rutinitas administratif, tetapi benar-benar memberi
manfaat nyata, terutama bagi masyarakat di Kecamatan Sindangkasih dan
sekitarnya. (EDA)*
0 Comments