Buruk Pelayanan Puskesmas Ciamis, Pasien Gagal Ditindak

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ciamis dinilai buruk, karena dalam memberikan pelayanan terhadap salah seorang pasien yang datang sangat mengecewakan sehingga si pasien gagal berobat di Puskesmas Ciamis, Senin (06/01/2025).

Kekecewaan tersebut berawal saat salah seorang pasien, Muhammad (23) Jumat (03/0/2025) datang ke Puskesmas mencoba memeriksakan kakinya yang mengalami keluhan karena ada benjolan di bagian jarinya. Namun dokter setempat menyarankan agar pasien kembali datang Senin (06/01/2025) untuk langsung ditindak di ruang tindak.

“Hari Senin saja kembali ke sini untuk langsung ditindak, tidak perlu antre lagi langsung saja bertemu saya,” kata Muhammad menirukan ucapan dokter.

Ketidakpuasan pasien Puskesmas muncul setelah dirinya merasa dipermainkan oleh staff Puskesmas Ciamis saat kembali datang lagi untuk dilakukan tindakan oleh dokter, Senin (06/01/2025)

Sesampainya di Puskesmas, dirinya langsung bertemu dokter untuk dilakukan tindakan sesuai janjinya, tidak harus antre, tapi harus langsung ke Ruang Tindak karena sudah dijadwalkan sejak Jumat (03/01/2025).

Namun, saat masuk ke Ruang Tindak, dirinya merasa tidak dilayani dengan ramah oleh salah seorang petugas yang menyarankan agar pasien tetap harus melakukan antre ditengah pasien-pasien lain yang berjubel.

“Sudah saya jelaskan, barusan saya bertemu dengan dokternya dan disuruh langsung ke Ruang Tindak sesuai perjanjian pada Jumat kemarin, tapi si staf itu bersikukuh mendorong saya agar ikut antre dulu seperti pasien lainnya yang baru datang,” kata Muhammad.

Dijelaskannya, kenapa dirinya tidak mengantre untuk mengambil nomor antrean karena sesuai arahan dokter agar tidak lama menunggu untuk segera melakukan tindakan, langsung saja ke Ruang Tindak. Intinya tidak perlu antre lagi agar langsung ditangani.

Karena merasa sudah tidak nyaman, akhirnya Muhammad tidak jadi melakukan tindakan operasi kecil di Puskesmas, memilih pulang dan melakukan operasi kecil di tempat lain.

“Nantilah, saya masih jengkel dengan pelayanan Puskesmas Ciamis. Paling saya ke dokter bedah saja atau langsung ke RSUD, dan tidak mau ke Puskesmas, jengkel pelayannya mengecewakan,” tegasnya.

Menurut Muhammad, dirinya justru kasihan kepada pasien lain yang penyakitnya lebih parah dan perlu tindakan segera, jika pelayanannya seperti yang dia alami, bagaimana nasib pasien yang perlu tindakan segera.

"Kasian yang sakit parah, bisa bisa nanti meninggal kalau tidak ditangani langsungg, sebatas hanya untuk operasi kecil saja dipersulit," katanya.

Ia berharap kepada dinas terkait atau pemerintah daerah harus melakukan evaluasi terhadap pelayanan Puskesmas.

"Semoga kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini,” katanya. (Eda)*

 


Post a Comment

1 Comments

  1. Memang seharusnya tidakan spt dilakukan di RS bahkan di ruang oprasi,, bukan di puskesmas.. mengingat keterbatasan alat dan SDM

    ReplyDelete