Yana D Putra Tampung Gagasan Pemuda Islam untuk Ciamis Kedepan

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Calon Wakil Bupati Ciamis 2024-2029, H Yana D Putra menerima sejumlah ide gagasan para pemuda yang dengan idealismenya mengharapkan pembangunan Ciamis kedepan lebih maju dan berkembang, hal itu disampaikannya saat menghadiri Saresehan Organisasi Kepemudaan Islam Kabupaten Ciamis dengan tema “Ngobrol Soal Isu Terkini Bareng Yana D Putra” di Satir Café, Jumat (13/09/2024) malam. 

Dalam acara yang dikemas sederhana, santai dan penuh kekeluargaan itu para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan islam dengan interaktif menyampaikan sejumlah ide dan gagasan untuk pembangunan Ciamis kedepan.

“Saya sangat apressiasi dengan ide gagasan yang menjadi masukan/saran bagaimana membangun Ciamis menjadi lebih baik lagi dan bagaimana masyarakat Ciamis lebih sejahtera,” kata mantan Wakil Bupati Ciamis periode 2029-2024 itu.

Diakuinya, para pemuda juga menyampaikan keluhan keberadaannya yang dinilai selama ini tidak diberdayakan, dianggap diabaikan karena masih kecil, minim pemikiran.

Seperti diungkapkan Jaki Perceka, sebagai Bidang Pengkaderan Pemuda Persis Kabupaten Ciamis, dirinya merasa tidak dilibatkan dalam mengambil keputusan, padahal sudah dicanangkan program Indonesia Emas tahun 2045, bagaimana bisa terwujud jika pemudanya tidak dilibatkan?

“Ini terjadi karena tidak dilibatkan? Atau tidak mau terlibat? Kami jangan dianggap anak kecil yang tidak bisa memberikan pendapat dan tidak punya pemahaman,” katanya.

Sementara Ketua Bidang Lingkungan Hidup Penuda Muhamadyah, Raditya Muhamad m,engakui, pihaknya tinggal meangaktualisasikan hasil diskusi ini karena berdasarkan penilaiannya masih banyak pemuda yang berminat jadi petani.

“Pemuda yang ingin menjadi petani banyak, hanya saja belum ada wadah yang bisa menyatukan mereka dan petani minlenial belu maksimal, sehingga tersirat untuk membentuk Petani Generasi Galuh, ini bisa jadi potensi besar untuk bersinergi dengan pemerintah,” katanya.

Ditambahkan Radit, pihaknya juga akan terus bergerak menyumbangkan gagasan dan pikiran untuk Kabupaten Ciamis, diantaranya Pemuda Muhamadiyah peduli memikirkan Kampung Berkemajuan, pendudikan kesehatan, pertanian dan kebencanaan.

Menanggapi hal itu, H Yana D Putra sangat mengapresiasi dan akan membuka ruang untuk kemunikaso dan koordinasi dengan pemuda, khususnya organisasi kepemudaan.

“Kedepannya kita bikin ruang-ruang untuk pemuda agar terlibat dalam pengambilan kebijakan, namun demikian pemuda harus inovatif jangan menunggu difasilitasdi tetapi harus bergerak dengan cara action, perlihatkan dulu kemampuan, berkarya dulu jangan shuudzon dianggao anak kecil yang tidak punya pemikiran, tapi buktikan,” tegasnya.

Diakui Yana, hal tersebut sama persis dengan perjalanan hidupnya karena saat masih muda terkesan orang lain termasu oemeruintahan mengangapnya anak kecil.

“Saya alami sendiri seperti itu, tidak dianggap, tapi saya terus berkaya memperlihatkan poptensi yang ada melalui action, ide, gagasan dan akhirnya saya bisa masuk di legislative pun paling muda, tapi tetap berkarya dan Alhamdulillah bisa seperti sekarang,” katan mantan Wakil Bupati Ciamis petahana itu.

Diakuinya, apa yang selama ini menjadi kekurangan berdasarkn analisa pemuda sduah mereka samopaikan untuk kemajuan Ciamis kedepan. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments