Yana D Putra, “Jadi Paslon Tunggal Bukan Niatan Kami”

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Calon Wakil Bupati Ciamis periode 2024-2029, H Yana D Putra yang berpasangan dengan petahana, Dr H Herdiat Sunarya mengakui, posisinya dalam Pilkada Serentak Ciamis 2024 menjadi satu-satunya pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU, sehingga ditetapkan sebagai paslon tunggal bukanlah niatannya, karena sebelumnya pasangan HY ini berharap ada lawan, minimalnya bisa bersaing secara head to head seperti yang terjadi periode sebelumnya.

Hal itu diungkapkan mantan Wakil Bupati periode 2019-2024 itu dalam acara Saresehan Organisasi Kepemudaan Islam Kabupaten Ciamis dengan tema “Ngobrol Soal Isu Terkini Bareng Yana D Putra” di Satir Café, Jumat (13/09/2024).

“Tidak ada niat untuk menjadi paslon tunggal, namun berjalannya waktu satu persatu partai memberikan dukungannya. Akhirnya HY harus berhadapan dengan Kotak Kosong karena seluruh partai mendukung,” katanya dihadapan para audien yang terdiri dari GP Anshor, Pemuda Muhamadiyah, Pemuda Persis dan OKP Islam lainnya.

Menjawab pertanyaan audiens yang mempermasalahkan fenomena demokrasi di Ciamis yang diciptakan parpol, bukan demokrasi yang menciptakan parpol, kenapa seluruh parpol parlemen mengusung HY? sehingga terkesan HY memborong seluruh parpol yang ada di Ciamis.

Ketua DPD PAN Kabupaten Ciamis ini menjawab dengan tegas, dirinya bersama Calon Bupati Ciamis 2024-2029, Dr H Herdiat Sunarya tidak ada niatan untuk menjadi paslon tunggal, apalagi “memborong” seluruh parpol yang ada. Tapi semua itu terjadi sesuai dengan berjalannya waktu.

Seperti diketahui, sebelumnya HY didukung oleh lima parpol terdiri dari koalisi Partai Gerindra, Golkar, PAN, NasDem dan PBB, bahkan sudah mendeklarasikan diri dan menamakan Koalisi Ciamis Maju (KCM).

Namun berjalannya waktu, satu persatu partai lainnya bergabung mulai PKB dan PPP, sehingga meninggalkan tiga partai besar diantaranya PKS, Demokrat dan PDIP yang secara perhitungan bisa mengusung satu pasangan calon.

Namun, menjelang dibukanya pendaftaran di KPU dari ketiga partai tersebut satu-persatu memberi dukungannya, diawali penyerahan rekomendasi dari DPP PKS, PDIP dan Demokrat. Bahkan, seluruh partai non parlemen pun ikut mendeklarasikan diri mendukung pasangan HY, namun dalam ferivikasi pendaftaran di KPU ditetapkan dua parpol yang tidak memenuhi syarat, yaitu Hanura dan PSI. 

Menurut Yana D Putra, wajar jika seluruh parpol di Ciamis mendukung dirinya, karena setiap parpol miliki otoritas untuk menentukan nasib parpolnya sendiri.

“Saya Ketua Parpol jadi paham dengan langkah parpol dalam Pilkada atau pun Pemilu, ada beberapa alasan diantaranya parpol akan mendukung calon yang pasti menang, akan mendukung calon yang mampu membuat daerahnya lebih maju dan membangun masyarakat, dan akan mendukung calon yang bisa membuat partainya lebih baik,” jelasnya.

Menanggapi munculnya relawan Kotak Kosong, Yana juga meminta masyarakat untuk berpikir cerdas dan menentukan pilihannya dengan bijak, yaitu pilihan yang bisa merealisasikan aspirasi masyarakat.

“Adanya kotak kosong tidak menyalahi aturan, munculnya relawan kotak kosong silahkan saja, mau pilih kotak kosong pun silahkan jika memang bisa merealisasikan aspirasi,” katanya. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments