Yana D Putra Apresiasi Prestasi Penyuluh Pertanian Raih Juara 1 Nasional

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Diraihnya prestasi penyuluh pertanian Ciamis menjadi juara 1 penyuluh inovatif tingkat Nasional sangat diapresiasi oleh H Yana D Putra sebagai Anggota Dewan Kehormatan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Ciamis.

Calon Wakil Bupati Ciamis 2024-2029 itu menyampaikan hal itu dalam acara Jambore Penyuluh Pertanian tingkat Kabupaten Ciamis, di Bumi Perkemahan Aki Kabayan, Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu, Rabu (11/09/2024).

"Selamat atas diraihnya juara penyuluh inovatif tingkat Jawa Barat, melalui Jombore ini semoga kapasitas SDM penyuluh di Ciamis lebih baik lagi, dan silaturahminya lebih terjaga," kata Yana. 

Menurutnya, pemanfaatan digital dan teknologi dalam kreaitifitas dan inovasi pertanian juga harus mampu ditransformasi penyuluh kepada petani, agar para penyuluh pertanian mampu lebih adaptif di era perkembangan digital dan teknologi.

"Pertanian sebagai modal dasar di Ciamis. Penyuluh memiliki peran penting dan ujung tombak kesuksesan pembangunan pertanian. Penyuluh jangan takut keluar dari zona nyaman, harus lebih inovatif dan adaftif dengan perkembangan teknologi dan digital," tegas Yana.

Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024 ini juga mengatakan, untuk mengakselerasi pembangunan pertanian, Pemkab Ciamis memiliki program prioritas pertanian melalui penyediaan irigasi sebagai sarana perairan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengakui, sekarang sudah saatnya petani di Ciamis beralih ke organik.

Diakuinya, Ciamis telah memiliki 5 sertifikasi produksi tani organik. Selain pengembangan pertanian organik, DPKP Ciamis juga membentuk petani milenieal.

Petani milenial ini sebagai bagian dari program adaftif serta menyiapkan generasi petani masa depan.

Menurutnya, ada hal yang paling penting dari semua program pertanian, tak lain adalah political will dari pemimpin pemerintahan.

“Maka, jika dulu Ciamis memiliki pemimpin yang cinta petani, kedepan petani berharap pemimpin yang juga cinta petani. Karena kunci dari semua program pertanian ada pada kebijakan pemerintah, ada pada pimpinannya," katanya.

Ketua Panpel Jambore Penyuluh Pertinan, Iis Iskandar mengatakan, kegiatan Jambore dilaksanakan selama dua hari dari Rabu (11/09) hingga Kamis (12/09) yamng diikuti oleh 220 peserta terdiri dari penyuluh, THL, PPPK, PPD dan PPLD.

Pada Jambore Penyuluh Pertanian juga digelar lomba inovasi pertanian serta lomba pembuatan vlog.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan semangat dan motivasi kerja serta menjaga silaturahmi antar sesama penyuluh pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme penyuluh sebagai ujung tombak dalam mensukseskan program pembangunan pertanian,” pungkasnya. (Eda)*


Post a Comment

0 Comments