Tingkatkan Partisipasi Massa, IJTI Galuh Raya Gelar Sosialisasi Pilkada

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada serentak tahun 2024di Ciamis, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya bekerjasama dengan KPU Kabupaten Ciamis menggelar Sosialisasi Pemilihan Serentak tahun 2024.

Kegiatan bertajuk "Harmoni Demokrasi Pemilih Cerdas Pilihannya Pasti Waras" tersebut diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari para pengrajin angklung dari Kampung Angklung Mandiri Sukses dengan menghadirkan opemateri Ogi Fathuzzaman dari Praktisi Jurnalis dan akademisi Universitas Galuh, Hendra Sukarman di GOR Desa Panyingkiran, Senin (09/09/2024).

Ketua IJTI Galuh Raya, Yosep Trisna mengatakan, demokrasi merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang menuntut partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, Pilkada Serentak tahun 2024 memiliki makna penting sebagai perwujudan nilai-nilai demokrasi. Hal ini menjadi momen bagi masyarakat agar dapat menggunakan hak memilih pemimpin yang mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Ciamis.

"Mari bersama-sama mendukung dan mengawal Pilkada ini agar berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Sehingga berujung pada terpilihnya pemimpin baru yang diharapkan," katanya.

Sosialisasi Pilkada ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya penyelenggaraan pesta demokrasi yaitu Pilkada serentak di Kabupaten Ciamis.

"Kita berharap dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini, partisipasi masyarakat akan meningkat dan masyarakat menyadari perannya sebagai pemegang kedaulatan," katanya.

Dijelaskan, KPU Ciamis berkomitmen untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama para pengrajin angklung, untuk berperan aktif dalam menyukseskan proses demokrasi ini.

"Melalui kolaborasi dengan IJTI, kami ingin menekankan pentingnya peran pengrajin angklung dalam menciptakan harmoni demokrasi yang kuat. Ciamis, sebagai daerah dengan kekayaan budaya yang melimpah, memiliki tradisi seni yang khas, salah satunya adalah angklung," jelasnya.

Angklung bukan hanya sekadar alat musik, tetapi juga simbol persatuan dan kebersamaan. Dalam konteks Pilkada, semangat kebersamaan ini sangat penting untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin yang tepat.

Untuk itu, lanjut Yosep, KPU Ciamis bersama IJTI Galuh Raya berupaya mengedukasi dan mengajak pengrajin angklung untuk berkontribusi dalam proses demokrasi, baik melalui kegiatan sosialisasi, kampanye, maupun sebagai duta budaya dalam menyampaikan pesan-pesan positif terkait pemilu.

Pihaknya juga ingin mendorong pengrajin angklung untuk tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga pelaku aktif dalam proses pemilu melalui berbagai kegiatan yang melibatkan seni dan budaya.

"Kami ingin para pengrajin angklung dapat berperan aktif mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di Pilkada Ciamis tahun 2024 nanti," katanya.

Menurut Yosep, pihaknya ingin menggali potensi budaya lokal yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan demokrasi. Dengan melibatkan pengrajin angklung dapat membangun harmoni dalam demokrasi.

Kegiatan seni yang melibatkan angklung dapat menciptakan suasana yang kondusif, masyarakat merasa terlibat dan memiliki tanggung jawab terhadap masa depan daerahnya.

“Dengan semangat harmoni demokrasi, mari kita bersama-sama berkontribusi untuk menciptakan pemilu yang damai, adil, dan berintegritas," katanya.

"Mari kita jadikan Pilkada Ciamis 2024 sebagai momentum untuk menunjukkan budaya dan demokrasi dapat berjalan beriringan, menciptakan harmoni yang akan menguatkan identitas dan keberagaman masyarakat Ciamis," ungkapnya.

Dipilihnya para pengrajin angklung karena melihat potensi yang ada di Kampung Angklung ini yang setiap minggunya selalu ada pengunjung baik dari Ciamis maupun luar kota.

"Selain mereka memasarkan angklungnya dia juga bisa mensosialisasikan terkait dengan Pilkada ini. Minimalnya bisa menyampaikan kalau Pilkada itu tanggal 27 November 2024. Untuk itu tadi kita juga mendeklarasikan para pengrajin angklung ini sebagai Duta Pilkada Ciamis 2024," ungkapnya.

Koomisoner KPU Ciamis, Dede Hilman sangat mengapresiasi acara harmonisasi demokrasi yang digelar IJTI Galuh Raya dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Ciamis 2024.

Diakuinya, ini luar biasa dan cukup unik, karena disatu sisi kita mempunyai tugas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Ciamis.

"Jadi tidak hanya dalam sosialisasi saja  namun memperkenalkan salah satu ciri khas yang ada di Kabupaten Ciamis yaitu angklung," jelasnya.

Menurut Hilman, sosialisasi ini tidak hanya meningkatkan partisipasi masyarakat saja, akan tetapi mendongkrak masyarakat khususnya yang ada di Kampung Angklung.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Ciamis ini diharapkan dapat mencapai lebih dari pemilu yang kemarin yaitu 80%. KPU sebagai penyelenggara mempunyai kewajiban itu, namun untuk sosialisasi tidak hanya dipegang oleh KPU, akan tetapi perlu keterlibatan semua elemen, lembaga dan semua tatanan masyarakat yang mengetahui terkait kepemiluan bisa mensosialisasikan lagi kepada masyarakat lainnya.

"Kita kerjasama dengan IJTI, mengambil segmen dengan kelompok angklung ini berharap agar masyarakat juga bisa mensosialisasikannya lagi. Tidak hanya kepada masyarakat sekitarnya akan tetapi ketika ada yang datang kunjungan ke Kampung Angklung juga bisa diselipkan sosialisasi Pilkada 2024," katanya. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments