Tak Ada Persiapan Khusus, HY Optimis Lolos Tes Kesehatan

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya dan H Yana D Putra (HY) menjalankan pemeriksaan kesehatan di RSUD Ciamis. Pemeriksaan merupakan bagian dari tahapan untuk mengikuti Pilkada Ciamis tahun 2024.

Dalam menjalani tes kesehatan tersebut, Dr H Herdiat Sunarya mengakui pihaknya tidak ada persiapan khusus karena sudah biasa melakukan olahraga seperti main bola dan tenis lapangan, sehingga optimis akan lolos dalam menjalani tes kesehatan tersebut.

“Tidak ada persiapan khusus untuk pemeriksaan, karena sudah biasa melakukan olahraga. Mudah-mudahan hasilnya sesuai harapan,” katanya usai melaksanakan pemeirksaan di RSUD Ciamis, Senin (02/09/2024).

Diakuinya, test kesehatan bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatannya dalam kondisi baik.

“Alhamdulillah proses sudah kami jalani dan berjalan lancar,” tegasnya 

Ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan, intinya pelaksanaan tes Pilkada ini sebagai salah satu syarat dalam pelaksanaan Pilkada baik provinsi maupun kabupaten/kota.

"Selain tes kesehatan jasmani atau fisik juga dilaksanakan tes psikologi untuk menilai kesehatan mental dan rohani," katanya.

Diakuinya, pemeriksaan meliputi seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, walaupun sangat melelahkan tetapi juga menyenangkan. Begitu juga dengan psikotes sebanyak 567 soal harus dijawab dalam 2 jam.

Menurut Herdiat, ada perbedaan dari periode sebelumnya, dulu tidak sedetail sekarang, seperti halnya Magnetic  Resonance Imaging (MRI) atau pemeriksaan medis yang menggunakan gelombang radio dan medan magnet untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh, harus dilakukan di RSUD dr Soekarjo Tasikmalaya.

Pasangan HY juga mengucapkan terima kasih kepada semua tim medis dari RSUD Ciamis yang telah bekerja keras dalam pemeriksaan tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan di RSUD Ciamis pasangan Herdiat-Yana akan melanjutkan pemeriksaan di RSUD dr Soekarjo Tasikmalaya.

Direktur RSUD Ciamis, dr. H Rizali Sofyan sebagai penanggung jawab pemeriksaan kesehatan mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan cukup lengkap, mulai pemeriksaan Anamnesa yaitu proses wawancara yang dilakukan oleh dokter atau tenaga medis lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai riwayat kesehatan dan keluhan paslon, kemudian pemeriksaan fisik juga pemeriksaan penunjang lainnya.

"Ada rontgen pemeriksaan untuk  PNG (Portable Network Graphics) yang rutin pemeriksaan air kencing serta darah untuk dilakukan juga tes narkoba bersama Badan Narkotika Nasional (BNN)," katanya.

Diakuinya, dokter yang melakukan pemeriksaan merupakan tim gabungan yang terdiri dari 40 dokter spesialis, psikolog, tenaga medis dan para medis.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terbukti pa Herdiat dan pa Yana dalan kondisi prima yang  terbaik," jelasnya.

Menurutnya, setelah melakukan pemeriksaan di RSUD Ciamis, pasangan HY akan melakukan pemeriksaan lagi di RSUD dr. Soekardjo, hal ini karena adanya kerjasama dengan RSUD dr Soekarjo.

"Karena di RSUD Ciamis tidak ada dokter jantungnya juga pemeriksaan penunjang Magnetic  Resonance Imaging (MRI) dan Treadmill, maka kami melakukan kerjasama dengan RSUD dr. Soekardjo," ungkapnya.

Rizali berharap kedepannya akan ada penambahan dan perbaikan sarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di RSUD Ciamis.

"Target kita RSUD ini harus mempunyai tenaga dokter jantung dan juga alat-alat penunjang yang diperlukan karena penting untuk layanan yang terbaik," pungkasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments