Pj Bupati Targetkan Partisipasi Masyarakat pada Pilkada 2024 Capai 80%

ciamiszone.id :

CIAMIS,-  Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna menargetkan tingkat partisipasi pada Pilkada serentak 2024 di Ciamis mencapai 80%, bahkan lebih baik jika melebihi angka 80%.

Hal itu diungjkapkannya saat membuka acara Sarasehan Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pilkada Serentak yang digekar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Ciamis dengan tema "Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak di Kabupaten Ciamis Tahun 2024" di Gedung KH Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis, Rabu (18/09/2024).

"Kewajiban kita untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan stakeholder terkait agar penyelenggaraannya dapat berjalan efektif dan efesien," tegasnya.

Engkus juga menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis harus bersikap netral pada Pilkada 2024, karena ini akan menjadi salah satu indikator suksesnya Pilkada di Kabupaten Ciamis.

Sementara Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Barat, Ahmad Nurhidayat mengatakan, Kabupaten Ciamis menjadi sorotan banyak kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat karena memiliki satu Pasangan Calon (Paslon).

"Kita ketahui bersama, Kabupaten Ciamis memiliki satu pasangan calon saja sehingga ini menjadi sorotan di Jawa Barat," katanya.

Berkaitan dengan kotak kosong, Ahmad menjelaskan sebenarnya tidak ada kotak kosong dalam Undang-Undang Pilkada, namun kata kotak kosong berawal dari masyarakat.

"Tentu saja ini narasi negatif, terutama di tatanan masyarakat yang saat ini menerima informasi yang semakin berkembang," jelasnya.

Menurutnya, dengan hanya adanya satu calon maka bukan berarti tidak ada perlawanan. Di Kabupaten Ciamis semua unsur partai politik masih memberikan harapan kepada seseorang yang notabenenya sudah siap mengemban tugas dan tanggungjawabnya di periode yang akan datang.

"Karena ada kotak kosong, nantinya dalam surat suara ada dua pilihan yaitu calon dengan fotonya dan calon tanpa foto paslon," jelasnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Ciamis, R. Yadi Trisyadi mengatakan, tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut agar para peserta dapat memahami dan berpartisipasi di Pilkada 2024.

"Saya harap dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajibannya sebagai pemilih," katanya.

Diakuinya, jumlah peserta mencapai 600 orang lebih terdiri dari ormas, PPK Kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan budaya, Babinsa, Babinkantib, Danramil, Kapolsek, BUMN, BUMD dan sejumlah pejabat Pemkab Ciamis. (Nank/Eda)*

Post a Comment

0 Comments