Kejurkab Karate Jaring Atlet Lokal Berprestasi

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Karate 2024 dapat melahirkan atlet-atlet berbakat asli Ciamis yang mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional.

Hal itu dikatakan Sekertaris Dinas (Sekdis) R. Ega Anggara Al Kautsar,. SH, MM, ketika membuka acara Kejurkab Karate 2024 di GOR SMAN 1 Ciamis, Sabtu (07/09/2024).

Even yang bertajuk "Cultural Diversity in a Spirit of Togetherness to be a Champion" itu digelar oleh Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kabupaten Ciamis diikuti ratusan karateka dari berbagai kecamatan dan perguruan karate (Dojo) se-Kabupaten Ciamis, Sabtu-Minggu (07-08/09/2024).

Dikatakannya, Kejurkab Karate Ciamis 2024 ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga menjadi ajang silaturahmi antar perguruan karate di Kabupaten Ciamis. Event ini pun menjadi ajang untuk mengukur prestasi para atlet karate dengan mewakili kecamatan atau Dojo yang ada di Kabupaten Ciamis.

"Event ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para atlet karateka muda untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi," katanya.

Ega berharap adanya Kejurkab tersebut dapat melahirkan atlet-atlet asli Ciamis yang berbakat dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di kancah nasional maupun internasional.

Diakui, karate bukan olahraga yang populer seperti sepak bola atau voli. Ada beberapa kecamatan yang tidak mengirimkan atletnya, karena masalah anggaran yang minim

"Ada beberapa kecamatan yang tidak mengirimkan atletnya karena beberapa hal, mulai dari keterbatasan anggaran dan kesiapan para atletnya," katanya.

Dijelasna, dari kejuaraan tersebut akan dilakukan penyaringan, para atlet yang memiliki kualitas, dedikasi, dan loyalitas akan berlaga ke jenjang berikutnya.

"Kita akan menghadapi Porprov tahun 2026 di Bogor, mudah-mudahan banyak karateka dari hasil seleksi ini yang menunjukan potensinya. Nantinya mereka akan kita bina dan didik untuk menjadi atlet karate tingkat regional, nasional bahkan internasional," ungkapnya.

Ketua Pelaksana Kejurkab Karate 2024, Yudi Dwi Brata mengatakan, sebenarnya pihaknya ingin menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) seperti zaman dulu. Semua cabang olahraga melaksanakan kejuaraan dalam waktu dan tempat yang sama. Namun terkait dengan minimnya anggaran dan beberapa hal yang belum mendukung, maka belum bisa dilaksanakan.

Menurutnya, Kejurkab akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun depan. Meskipun dengan anggaran terbatas tapi minat dan antusias dari peserta banyak.

"Ada atlet yang mendaftar membawa nama kecamatan, namun karena adanya keterbatasan biaya, ada juga atlet yang berangkat mengatasnamakan Dojo atau tempat latihan mereka," jelasnya

Menurutnya, peserta Kejurkab mencapai ada 239 karateka se-Kabupaten Ciamis. Adapun katagori dalam event tersebut mulai dari Pra Usia Dini 7 tahun, Usia Dini 8 - 9 tahun, Pra Pemula, Pemula, kelas Kadet, Kelas Junior 16 tahun serta kelas senior yang 20 tahun ke atas.

"Kejurkab ini merupakan salah satu upaya menjaring atlet karate untuk Porprov tahun 2026 mendatang. Jadi untuk Porprov nanti kita sudah siapkan dari usia junior," jelasnya.

Sementara itu Galih Prayoga Hendaris orang tua dari salah seorang peserta Pra Usia Dini, Azzahra Rofian Naiba (7 tahun) dari Dojo Cimaragas mengungkapkan rasa bahagia kerena anaknya bisa mengikuti Kejurkab.

Menurut Galih, awalnya mengikuti kompetisi tersebut selain untuk menyalurkan bakat anaknya juga agar memiliki pola hidup sehat dengan berolahraga. Karate bukan hanya gerakan-gerakan olahraga saja tetapi ada olah fisik yang terlatih.

"Anak saya berlatih di Dojo Ksatria Pakuan Kecamatan Cimaragas. Tadi ikut di dua kategori Pra Usia dini perorangan dan Usia Dini Beregu. Alhamdulillah anak saya berhasil mendapatkan medali," ungkapnya.

Diakuinya, anaknya bergabung dan berlatih karate baru tiga bulanan. Atas arahan pelatih bisa mengikuti event tersebut karena setiap materi yang diberikan selalu berhasil dilaksanakan dengan baik.

"Alhamdulillah anak saya meraih juara, semoga anak saya lebih semangat lagi berlatih agar bisa mengikuti kejuaraan lainnya," pungkasnya. (Nank)*

Post a Comment

0 Comments