Ciamis Kembali Raih Penghargan Wahana Tata Nugraha

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menunjukkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 Bidang Transportasi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub-RI).

Penghargaan diterima langsung oleh Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Dadang Mulyatna di Ballroom Jakarta Internasional Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (07/09/2024).

Kepala Dishub Kabupaten Ciamis, Dadang Mulyatna mengatakan, penghargaan Wahana Tata Nugraha ini merupakan penghargaan yang diberikan Kemenhub-RI kepada kabupaten/kota atau provinsi yang berhasil menyelenggarakan sistem transportasi perkotaan yang tertib, aman, lancar, dan berkelanjutan.

"Indonesia memiliki 416 kabupaten dan 98 kota. Alhamdulillah Kabupaten Ciamis merupakan salah satu penerima penghargaan dari 102 kabupaten/kota yang ikut serta dalam penilaian WTN ini," katanya.

Dijelaskan, penilaian WTN dilaksanakan bertahap, tahun 2023 merupakan pengusulan calon peserta, penilaian administrasi, dan survey lokasi. Tahun 2024 tahap penilaian hasil survey, aspek teknis dan operasional, dan komitmen kepala daerah dalam upaya pengembangan transportasi perkotaan melalui paparan kepala daerah.

Dalam proses penilaiannya, Kabupaten Ciamis berhasil unggul di berbagai bidang, termasuk pengelolaan lalu lintas, pelayanan angkutan umum, sarana prasarana transportasi darat, dan inovasi transportasi berkelanjutan.

"Alhamdulillah Kabupaten Ciamis mampu memenuhi semua kriteria, seperti pengelolaan ruas jalan, fasilitas pejalan kaki, dan integrasi moda transportasi," jelasnya.

Dadang menambahkan, penghargaan WTN 2024 ini bukan sekadar tujuan akhir, melainkan motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan transportasi.

"Dengan penghargaan ini, kami berkomitmen untuk memberikan transportasi yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh warga Ciamis,” lanjutnya.

Penghargaan ini menjadi simbol dedikasi Kabupaten Ciamis dalam menciptakan transportasi perkotaan yang modern dan ramah lingkungan.

"Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini, serta dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Ciamis," katanya.

Dadang berharap, prestasi tersebut menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk terus berinovasi dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 ini, bukan tujuan utama, namun yang paling penting adalah kinerja pelayanan bidang perhubungan terhadap masyarakat. Dengan pencapaian ini, Kabupaten Ciamis terus berkomitmen untuk menjaga kualitas transportasi demi kesejahteraan masyarakat," jelasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments