Tingkatkan Komunikasi dan Kehumasan, KPU Ciamis Gelar Bimtek

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka meningkatkan kompetensi komunikasi dan kehumasan jelang Pilkada serentak 2024, KPU Kabupaten Ciamis mengggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Ciamis di Aula Hotel The Priangan, Kamis (15/08/2024).

Bimtek yang digelar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Ciamis itu diikuti 27 PPK dengan menghadirkan narasumber dari Persatuan Wartawan' Indonesian (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Ciamis.

Narasumber memberikan pelatihan mengenai teknik pengambilan video, teknik penulisan berita, dan teknik fotografi yang dapat diterapkan oleh anggota PPK dalam membuat laporan kehumasan.

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Ciamis, Said Attanjani mengatakan, Bimtek Kehumasan membekali kapasitas dan kompetensi PPK dalam bidang kehumasan untuk menjadi Public Relation (PR) di kecamatan masing-masing dalam tahapan Pilkada Serentak tahun 2024.

“Kehumasan merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh setiap anggota divisi Sosdiklih Parmas SDM PPK,” katanya.

Dikatakan, fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta tentang pentingnya komunikasi efektif melalui media sosial, terutama dalam menyampaikan informasi tahapan Pilkada 2024 kepada masyarakat.

“Kami ingin agar setiap PPK mampu memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang efektif dalam menyebarkan informasi terkait tahapan Pilkada,” ujarnya.

Menurutnya, peran kehumasan sangat penting dalam proses pemilihan umum. Bimtek ini digelar untuk meningkatkan SDM para anggota PPK agar maksimal dalam mengelola sebuah informasi yang terjadi di wilayahnya.

"Bimtek ini penting karena bisa membekali anggota PPK untuk menyusun sebuah konten sesuai etik jurnalistik. Selain itu, juga bisa mengelola media sosial milik PPK di kecamatan masing-masing," katanya.

Ketua PWI Kabupaten Ciamis, Anthika Asmara mengatakan, bimtek ini untuk meningkatkan konten-konten yang ada di PPK, agar sosialisasi tersebut bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

"Selain itu berkaitan dengan kehumasan ini juga bisa menjadi produk jurnalistik ketika teman-teman jurnalis membutuhkan informasi," ucapnya.

Dijelaskan, setiap konten yang diterbitkan mereka sebaiknya harus ditulis secara jelas dan gambling, tujuannya agar masyarakat bisa memahami isi konten tersebut.

Untuk itu Ia memberikan pembekalan kepada PPK tentang teknik menulis dan menyusun naskah berita sesuai dengan kaidah jurnalistik, juga teknik pengambilan foto maupun video.

"Bimtek ini sangat bagus, karena sebagai bekal mereka dalam bidang kehumasan. Saya harap adanya bimtek ini, anggota PPK dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan masyarakat,” harapnya.

Menurutnya, Bimtek Kehumasan KPU Ciamis agar PPK mampu menguasai teknik jurnalistik. Dengan teknik yang tepat, mereka bisa menyajikan konten yang menarik dan informatif di media sosial.

“Menguasai teknik jurnalistik bukan hanya membantu menyampaikan informasi secara efektif, tetapi juga memastikan informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas," tegasnya.

Anthika juga memberikan tips tentang teknik fotografi kehumasan dengan menggunakan ponsel, menurutnya aplikasi kamera yang baik dan pemahaman mengenai mode manual sangat penting dalam menghasilkan foto yang berkualitas. Kualitas lensa dan kemampuan editing juga berperan besar dalam menyempurnakan hasil foto yang akan dipublikasikan di media sosial.

"Fungsi kehumasan diperlukan untuk selalu mempublikasikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang kegiatan dan hasil tahapan Pilkada,” pungkasnya. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments