Targetkan Juara Umum, Sekda Lepas 38 Kafilah Porsadin

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Sekda Kabupaten Ciamis, Dr. H. Andang Firman Triyadi melepas 38 kafilah untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-7 tingkat Jawa Barat ditandai dengan penyerahan bendera Kontingen Porsadin kepada Ketua Kontingen di Aula PKK Kabupaten Ciamis, Jum’at (23/08/2024).

Kafilah Porsadin Kabupaten Ciamis akan mengikuti lomba di Kabupaten Tasikmalaya selama dua hari (24-25 Agustus 2024) untuk berjuang membawa nama Kabupaten Ciamis dan ditargetkan untyuk mempertahankan Juara Umum seperti di Sumedang tahun 2022.

Jenis yang dilombakan dalam Porsadin ke VII ini yaitu MTQ, MQK Safinatunnaja, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Murotal Wal Imla’, Kaligrafi Puisi Islami, Tenis Meja, Badminton, Catur Cepat, Cerdas Cermat Diniyah, Lari sprint 80 M dan 100 M.

Sekda Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi mengatakan, kegiatan Porsadin ke 7 tingkat Jawa Barat ini bisa menjadi ajang mempererat tali silaturahmi dengan kabupaten/kota lain sekaligus untuk meraih juara umum.

“Walaupun kita di arena berlomba tapi tetap hati kita menjalin kekeluargaan dan persaudaraan, semoga Porsadin ini menjadi ajang silaturahmi dengan yang lain sehingga menambah persaudaraan, pengalaman yang sangat berharga dan yang paling penting adalah mempertahankan juara umum yang pernah diraih pada Porsadin sebelumnya,” katanya.

“Bukan hanya mendapatkan gelar juara tapi mendapat pengetahuan lain yang baik, tentu saja yang harus kita amalkan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Andang juga mengingatkan kontingen agar menjaga pola makan dan untuk terus jaga kesehatan, patuhi perintah para pembimbing, dan selalu gunakan identitas.

“Jngan lupa jaga kesehatan, makan yang bergizi, patuhi perintah para pembimbing, identitas selalu di pake jangan sampai hilang saat akan perlombaan,” tegasnya.

Sementara Ketua Kafilah sekaligus Sekretaris Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Ciamis, Kosmara Toha mengakui, kafilah yang dilepas untuk Porsadin tingkat Jawa Barat sebanyak 136 kafilah.

“136 kafilah yang akan mengikuti Porsadin di Tasikmalaya, terdiri dari 38 peserta untuk 13 cabang lomba, 32 official, 32 pembimbing dan 34 panitia ditambah penggembira yang tidak bisa kami hitung jumlahnya karena dibebaskan tiap-tiap DPAC,” jelasnya.

Kosmara berharap, seluruh peserta Porsadin untuk bisa membawa nama baik Kabupaten Ciamis.

“Inti Porsadin ini untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar lembaga diniyah takmiliyah se-Jawa Barat, dan sebagai media evaluasi sejauh mana pendidikan yang kami laksanakan di tiap-tiap diniyah,” ungkapnya.

“Harapannya hanya ada dua kata, yaitu juara dan umum. Targetnya juara umum, ini tidak omong kosong mengulang kembali Porsadin yang waktu dilaksanakan tingkat Provinsi di Sumedang Tahun 2022 lalu, Kabupaten Ciamis meraih juara umum,” pungkasnya. (Eda)*


Post a Comment

0 Comments