Sambut HUT Pramuka ke-63, Kwaran Ciamis Gelar Gebyar Siaga

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-63, Kwartir Ranting (Kwaran) Ciamis menggelar acara Gebyar Siaga, Penggalang dan Penegak di Halaman parkir sirkuit BMX Cigembor, Selasa (13/08/2024).

Ketua Kwaran Ciamis, Kiki Kohara mengatakan, kegiatan merupakan rangkaian Hari Pramuka ke-63 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2024.

Pesta Siaga ini diikuti 50 pangkalan SD,/MI, SMP dan MTS 14 pangkalan sedangkan untuk SMK dan MA 12 pangkalan dnegan total peserta sebanyak 1.500 orang peserta didik.

"Untuk Kwarran Ciamis, kami mengadakan pesta siaga, untuk penggalangnya ada lomba PB tongkat dan di tingkat penegaknya PB biasa," katanya.

Menurutnya, untuk penggalang dan penegaknya lomba Pasukan Baris Berbaris (PBB), khusus untuk penggalang SD dan SMP digelar lomba tongkat, sementara untuk penegak lomba PBB biasa.

Pihaknya menyiapkan 5 mata lomba, semuanya memiliki filosofi yang luar biasa, yaitu Piramida memiliki filosofi dalam kehidupan, kita harus mempunyai pondasi kuat, dari pondasi yang kuat nanti akan sampai ke puncaknya.

Kemudian memancing, dalam memancing kita memerlukan kesabaran artinya dalam hidup ini untuk menghasilkan sesuatu harus bersabar. Selain itu perlombaan Bowling filosofinya adalah hidup itu harus memiliki target, sehingga target hidup itu akan kita lakukan sebagai satu standar untuk mencapainya dengan penuh semangat.

"Kita juga ada permainan memukul tikus, filosofinya tikus adalah salah satu hama yang harus kita basmi, tetapi tidak boleh dimusnahkan karena tikus juga merupakan bagian dari alur kehidupan kita," katanya seraya mengakui, iIntinya anak-anak adalah generasi pengganti kita, jadi mereka harus mencintai Pramuka.

Dijelaskan, Pramuka sudah teruji ketika zaman Covid-19 juga masih eksis memberikan pembelajaran di luar ruangan. Sekarang kurikulum merdeka itu adopsi metodenya adalah dari kegiatan kepramukaan.

"Saya berharap para peserta didik menyenangi pendidikan di Gerakan Pramuka. Intinya adalah kami ingin menanamkan kepada anak-anak untuk mencintai pramuka dengan bergembira di hari ulang tahunnya," pungkasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments