Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unigal Kembangkan Pestisida Nabati

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Prodi Pendidikan Biologi FKIP (Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Unversitas Galuh Ciamis kembangkan Pestisida Nabati untuk mengendalikan hama pada Sawi.

Pendidikan Biologi Unigal Manfaatkan Buah Berenuk sebagai Pestisida Nabati dan pengalaman keilmuan tersebut juga diberikan  kepada mahasiwa yang menjadi asisten peneliti dalam penelitian dosen.

 Tim Peneliti Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Galuh yang juga Sekretaris Prodi Biologi, Feri Bakhtiar Rinaldi, S.Pd., M.Si mengatakan, pihkanya bersama tim dosen yang lainnya juga mahasiswa mengembangkan pestisida yang lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan Buah Berenuk (Maja), Kamis, (01/08/24),

Diakuinya, penelitian yang dilakukannya ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) tahun anggaran 2024.

"Kami berharap riset yang sedang berjalan ini bukan hanya sebagai syarat pemenuhan tridharma Perguruan Tinggi semata tetapi juga dapat memberikan solusi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan di mayarakat terkait pengendalian hama tanaman sayur seperti kubis, sawi dan tanaman sayur lainnya," katanya.

Ditambahkan, dalam pengendalian tanaman ini tanpa memberikan efek samping dan penggunaan pestisida kimia seperti resitensi hama, resurgensi hama, ledakan OPT sekunder, dampak kesehatan pada manusia dan lingkungan.

Sementara Ketua Prodi Biologi FKIP Unigal, Lia Yulisma, S.Pd., M.Si., mendukung penuh apa yang menjadi kegiatan riset yang saat ini telah berjalan.

Pihaknya berharap, kedepan lebih banyak mahasiswa yang dapat terlibat dalam penelitian dosen serta terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

"Kami berharap semoga penelitian ini memberikan kebaikan kepada masyarakat, lingkungan, dosen, mahasiswa dan Prodi Pendidikan Biologi dan institusi Universitas Galuh demi mewujudkan visi Universitas Galuh," tegasnya. (Eda)**


Post a Comment

0 Comments