Peresmian Galuh Ampel Stadium Diwarnai Kejuaraan Petanque Tingkat Kabupaten

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Kampung Angklung Mandiri menggelar Kejuaraan Petanque Tournament Double tingkat Kabupaten Ciamis di Galuh Ampel Stadium, Blok Nempel, Dusun Linggamanik, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Sabtu (24/08/2024).

Dengan tema "Satu Bola Sejuta Keluarga, Satu Bosi Sejuta Prestasi," turnamen ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan tokoh olahraga setempat.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Relawan HY Bumi Galuh, Dr H Tatang, M.Pd mewakili Calon Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya yang membuka kejuaraan petanque dengan lemparan pertama bola besi diikuti Ketua KONI Kabupaten Ciamis, Kadisbudpora dan pejabat setempat lainnya.

Menurut Dr H Tatang, Calon Bupati Ciamis periode 2024-2029, Dr H Herdiat selama kepemimpinannya periode 2019-2024 selalu mendukung dan terus mengembangkan prestasi olahraga di Kabupaten Ciamis, termasuk olaharaga petanque.

“Olaharaga petanque lahir di Ciamis saat kepemimpinan H Herdiat, beliau terus mendukung perkembangannya hingga dalam Porprov 2022 kemarin petanque berhasil menyumbangakn 5 medali emas untuk Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Dr Tatang sangat mengapresiasi terwujudnya lapang petanque yang diinisiasi Anak Muda Nempel (Ampel) hingga bisa menggelar kejuaraan tingkat kabupaten, sehingga berharap olahraga petanque di Ciamis makin berkembang dan mampu mencetak atlet-atlet Ciamis lebih berpretasi lagi dan mampu berbicara ditingkat lebih tinggi, provinsi, nasional bahkan internasional.

Ketua KONI Kabupaten Ciamis, H Endang Sutrisna juga sangat mengapresiasi kejuaraan petanque yang digelar Anak Muda blok Nempel tersebut.

Menurutnya, daerah Nempel bisa dikatakan cikal bakal perkembangan petanque di Ciamis karena Nempel daerah pertama diluar Kantor KONI yang memiliki lapang petanque, bahkan disa digunakan malam hari.

Dijelaskan, Kejurkab akan terus dikembangkan apalagi menghadapi Porprov di Bogor tahun 2026 dan PON Aceh tahun 2024.

“Pada Porprov Jabar 2022 lalu, cabor petanque menyumbang 5 emas bagi Kabupaten Ciamis. Dan tiga atlet petanque asal Ciamis sekarang menjadi bagian untuk memperkuat tim Jawa Barat di PON Aceh. Dalam waktu dekat akan dibentuk tim Kabupaten Ciamis untuk Porprov di Bogor," jelasnya.

Endang berharap, para atlet yang sekarang tanding di Ciamis terpilih untuk menjadi bagian dari Tim Petanque Kabupaten Ciamis yang akan bertanding di Porprov mendatang.

Dijelaskan, KONI Kabupaten Ciamis didalamnya terdapat 36 cabor, akan membentuk 36 tim untuk persiapannya, namun tergantung hasil kualifikasi.

Semoga dalam kejuaraan ini dapat melahirkan bibit atlet petanque yang berpotensi dan berprestasi. Adanya lapang petanque ini juga kedepannya dapat digunakan untuk latihan dan pertandingan,

Sementara Ketua Pelaksana Tournament Double, Yosep Trisna mengatakan, kejuaraan petanque tersebut digelar sebagai peresmian lapangan petanque yang diinisiasi Anak Muda Nempel (Ampel) sekaligus peresmian Kampung Angklung.

"Tujuannya untuk merangsang kembali semangat dan minat masyarakat terhadap olahraga petanque," katanya.

Dijelaskannya, kejuaraan ini diikuti 42 peserta dari berbagai kalangan, diantaranya ada dari pelajar SMP, SMA dan masyarakat umum.

Yosep berharap, adanya tournament tersebut dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap olahraga petanque, khususnya para pelajar dan anak muda di Ciamis.

"Adanya turnamen ini bisa menjadi salah satu ajang untuk mengasah dan mencari bibit atlet petanque Ciamis yang berpotensi dan berprestasi di ajang lebih tinggi seperti persiapan Porprov tahun 2026 nanti," ungkapnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments