Pemkab Ciamis akan Bangun Kawasan Wisata Premium

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pemkab Ciamis bersama Pemprov Jawa Barat akan membangun dan mengembangkan kawasan Desa Wisata Cibeureum Kecamatan Sukamantri menjadi kawasan Wisata Premium.

Wisata Premium adalah wilayah atau Desa Wisata yang memiliki potensi dan Sumber Daya Alam (SDA) untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata berkonsep premium.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) melalui Kabid Destinasi Dispar Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana, S.IP, MM mengatakan, kawasan Desa Wisata Cibeureum oleh Provinsi Jawa Barat akan dibangun menjadi kawasan wisata premium.

"Desa Wisata Cibeureum ini akan disiapkan untuk menampung dan menangkap peluang untuk dijadikan wisata premium. Saat ini segmentasi wisatanya berubah dari Mass Tourism menjadi Experience Tourism," katanya, Selasa (06/04/2024).

Dijelaskan, Mass Tourism merupakan wisata dalam jumlah yang besar, dilihat dari aspek wisatawan. Kuantitas kedatangan wisatawan diutamakan, sehingga pariwisata massal mengarah ke wisata-wisata yang cenderung dikunjungi oleh wisatawan dalam jumlah banyak atau rombongan.

Sedangkan Experience Tourism itu yang dicari oleh banyak wisatawan, tidak lagi sekadar datang ramai-ramai lihat pemandangan, tapi juga ingin merasakan kearifan lokal, budaya lokal, kuliner tradisional, kerajinan tangan, dan lain-lain di tempat itu.


"Wisata yang ada di kita tetap mengusung kelestarian alam atau originalitas. Nah wisata premiumnya adalah orang yang datang akan kita layani itu adalah para wisatawan asing yang membawa banyak uang, karena kita menjual originalitas, keaslian dan keistimewaan yang memang di kota sudah tidak ada," kata Dian yang akrab disapa Udheng itu.

Menurutnya, para wisatawan dari luar negeri datang ke Indonesia itu ada yang wisata kuliner, wisata belanja dan wisata budaya. Wisata premium yang ada di Desa Wisata Cibeureum, akan dibentuk sebuah kawasan yang menjual originalitas.

"Sekarang banyak orang mencari suasana yang lebih nyaman, sejuk dan lebih tenang, nah itu adanya di pedesaan dengan konsep wisata premium ini. Jadi yang akan kita jual kepada wisatawan yang datang adalah originalitas nya," jelasnya.

Udheng juga mengungkapkan, membangun tempat wisata tidak seperti membangun gedung atau tempat keramaian, tetapi perlu kerjasama dari lintas sektor. Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan menyusun sejumlah langkah strategis. Salah satunya adalah membangun kesadaran masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata agar lebih aktif memanfaatkan potensi di wilayahnya

"Saat ini kita akan membuka dan menangkap peluang serta potensi yang diusung oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat," katanya.

Sementara Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis, H Endang Haris mengatakan, pembangunan wisata premium sebetulnya bukan lagi wacana, tetapi sudah menjadi perencanaan dan planning.

"Rencananya di wilayah Ciamis Utara tepatnya Desa Wisata Cibeureum akan dibangun wisata premium ber-kawasan berbagai sektor," katanya.

Menurutnya, kawasan wisata premium berkawasan berbagai sektor itu maksudnya di kawasan tersebut ada seni budayanya, ekonomi kreatif (Ekraf)-nya, kuliner, pemandangan alam dan lainnya. Kawasan yang akan dibangun menjadi destinasi wisata premium itu di Kecamatan Panjalu dan Sukamantri dengan Mini Ranchnya.

"Untuk pembangunannya kita masih menunggu anggaran dari provinsi, karena itu murni bantuan dari Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Ciamis hanya penerima manfaat dan sharing konsepnya. Semua sudah welcome terutama masyarakat hanya tinggal edukasi saja," jelasnya.

Seperti diketahui, Desa Wisata Cibeureum berada di Kecamatan Sukamantri sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Ciamis. Desa ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Selain melihat keindahan dan keaslian kawasan tersebut, wisatawan juga bisa mengunjungi Mini Ranch Sapi Pasundan, sebuah peternakan yang terintegrasi dengan pengembangan pariwisata agropolitan. Wisatawan dapat berinteraksi dengan kawanan sapi yang dilepasliarkan, mirip suasana peternakan sapi di Selandia Baru.

"Potensi wisata di wilayah Ciamis bagian utara ini sangat besar. Perlu komitmen bersama antara pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat untuk membuat desa ini menjadi Wisata Premium. Nantinya tempat wisata ini bukan hanya dikunjungi wisatawan lokal dan nasional tapi juga wisatawan dari luar negeri," katanya.

Menurutnya, destinasi atau tujuan wisata di Ciamis belum bertambah terutama wisata buatan. Untuk destinasi wisata yang dikelola Pemkab Ciamis masih tetap ada 5 tempat, yaitu Situ Panjalu, Situ Wangi, Astana Gede Kawali, Karang Kamulyan dan Kolam Renang Tirta Winaya.

"Untuk itu kami tetap konsen mempromosikan destinasi wisata yang ada terutama milik Pemkab Ciamis," pungkasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments