Pemilih Pemula Baru 33.243 Terekam e-KTP, Disdukcapil Kejar Target

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester 1 tahun 2024 di Kabupaten Ciamis terdapat 46.886 pemilih pemula untuk Pilkada Ciamis. Namun sampai 29 Agustus 2024 baru tercatat 33.243 yang sudah melakukan perekaman e-KTP.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, Yayan M. Supyan di ruang kerjanya, Jumat (30/08/2024)  seraya mengakui, pihaknya terus berupaya mengejar target perekaman KTP bagi pemilih pemula.

"Saat ini baru mencapai 70,90% yang sudah melakukan perekaman, dari total pemilih pemula sebanyak 46.886 orang. Kami masih punya beberapa bulan untuk mengejar target 100%,” katanya.

Dijelaskan, untuk mempercepat proses perekaman, selain hari kerja Senin sampai Jumat, Disdukcapil Ciamis juga membuka pelayanan tambahan setiap minggunya yaitu Sabtu dan Minggu di 27 kecamatan, dan membuka layanan di kantor Disdukcapil Ciamis selama hari libur.

"Pelayanan pada hari libur ini diutamakan untuk para pelajar yang tidak bisa melakukan perekaman pada hari kerja," katanya.

Menurutnya, para pemilih pemula yang sudah melaksanakan perekaman, nama-nama mereka akan disebarkan ke seluruh desa/kelurahan, sehingga pemerintah desa setempat diharapkan dapat mengundang mereka untuk datang ke kecamatan masing-masing.

Diakui Yayan, Disdukcapil Ciamis juga menghadapi tantangan dalam melayani warga lanjut usia yang belum memiliki KTP. Karena keterbatasan anggaran, perekaman di rumah atau tempat tinggal warga lansia menjadi kendala.

"Untuk operasional ke lokasi memerlukan biaya, sementara kondisi anggaran kami belum memadai," katanya.

Dalam proses perekaman, banyak kendala teknis yang dihadapi, seperti kerusakan peralatan dan keterbatasan ribbon, alat pencetak tinta khusus KTP.

"Peralatan kami sudah usang, ada printer dan komputer yang rusak, serta gangguan jaringan yang menghambat proses," katanya.

Menurutnya, walaupun dengan segala gangguan dan keterbatasan para petugas Disdukcapil tetap bekerja keras, bahkan tanpa adanya imbalan tambahan.

"Alhamdulillah, staf kami melaksanakan kerja lembur dengan penuh semangat pengabdian, walaupun tidak ada honor maupun uang tambahan," katanya.

Menurutnya, Disdukcapil Ciamis sebelumnya telah mencoba program perekaman KTP dengan cara jemput bola ke sekolah-sekolah, namun program tersebut belum tepat sasaran dan belum mencapai target.

"Ini disebabkan masih rendahnya minat dari para pelajar. Masyarakat kita baru bergerak kalau sudah merasa membutuhkan sesuatu," tegtasnya.

Untuk memastikan seluruh pemilih pemula terekam, Disdukcapil akan membuka dan terus melayani perekaman KTP hingga hari terakhir sebelum pencoblosan, 26 November 2024.

"Kami berharap dengan adanya pelayanan ini, seluruh pemilih pemula di Kabupaten Ciamis dapat memiliki KTP elektronik dan terdaftar sebagai pemilih sah dalam Pilkada Serentak 2024," pungkasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments