Ketua PWI, "Pemilih Pemula adalah Agen Partisipasi Pilkada"


ciamiszone.id :

CIAMIS,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis dan KCD Pendidikan Jawa Barat wilayah XIII menggelar Sosialisasi Pemilihan Serentak bagi Pemilih Pemula, Senin (26/08/2024) di GOR SMAN 1 Ciamis.

Kegiatan yang mengambil tema “Ajak Generasi Muda Memilih Pemimpin dari Visi dan Misi” menghadirkan narasumber Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Ciamis, Said Attanjani, S.Sos, CEO Harapan Rakyat, Subagja Hamara, SH dan Influencer yang juga Putri Kartini Indonesia, Widia Katresna, S.Sos,.M.Si.

Plt Ketua PWI Kabupaten Ciamis, Anthika Asmara, SH mengatakan, para peserta yang hadir dalam sosialisasi merupakan pemilih pemula perwakilan dari SMA/SMK Negeri se-Kabupaten Ciamis sebagai agen partisipasi.

Adapun tujuan dilaksanakan sosialisasi untuk mengenalkan dan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada serentak 2024 di Ciamis.

"Kegiatan sosialisasi yang kita lakukan ini adalah sebagai bentuk upaya dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada serentak tahun 2024, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar," katanya.

Anthika juga menghimbau agar para pemilih pemula dapat menyalurkan hak pilihnya, dan pilihlah calon kepala daerah berdasarkan visi misinya. Karena Pilkada sekarang bukan hanya pemilihan Bupati/Wakil Bupati tetapi juga ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Para peserta juga harus menyebarkan ilmu-ilmu tentang literasi ke-pemilihan Pilkada ini kepada teman sekolahnya atau bahkan ke teman sekolah lain. Bijaklah dalam menggunakan media sosial jangan terpancing apa-apa yang terjadi di media sosial," katanya.

Anthika berharap para peserta dapat menambah ilmu tentang Pilkada, tentang politik, jangan apriori dan harus memberikan hak pilihnya di Pilkada serentak 2024 mendatang.

"Pemilih pemula ini menjadi ujung tombak untuk meningkatkan partisipasi dalam Pilkada nanti, sebagai Ketua PWI menyatakan para peserta di sini sebagai agen partisipasi," ungkapnya seraya menambahkan, pentingnya keikutsertaan pemilih pemula pada Pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Pemilih pemula harus dapat mengawasi proses pelaksanaan Pilkada serentak, khususnya di Kabupaten Ciamis.

Dijelaskan Anthika, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ciamis, jumlah pemilih pemula sebanyak 46 ribu lebih hampir 50 ribuan. Adapun yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik sekitar 69 persen.

"Jadi masih ada 31 persen yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Saya harap nanti adek-adek dapat memberitahu dan mengajak teman-temannya di sekolah yang usianya sudah 17 tahun, untuk melakukan perekaman KTP elektronik agar bisa memilih," harapnya.

Kordiv Sosdiklih Parmas SDM KPU Ciamis, Said Attanjani sangat mengapresiasi PWI Ciamis yang sudah menginisiasi kegiatan sosialisasi pemilihan serentak bagi pemilih pemula.

“Terima kasih kepada PWI Ciamis, yang telah berkolaborasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula,” katanya.

Said juga sepakat dengan Plt Ketua PWI Ciamis, yang menyebut akan menjadikan peserta ini sebagai agen partisipasi. Untuk itu, ia meminta kepada para peserta agar nantinya bisa menghubungi PPK setempat untuk kerja sama.

“Jadi ketika pihak sekolah akan melakukan sosialisasi bersama PPK. Sekolah tidak usah menyediakan apapun atau intinya gratis,” jelasnya.

Sementara itu Perwakilan dari KCD Pendidikan Jawa Barat wilayah XIII, Dr. Hj Widhi Kurniatun. sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digelar PWI Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, dengan sosialisasi pemilihan serentak bagi pemilih pemula itu akan menambah pengetahuan para peserta tentang kepemiluan. Hal ini memang sangat penting mengingat kita semua harus mensukseskan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan secara serentak.

Widi pun sangat mengapresiasi sosialisasi yang digelar oleh PWI dan KPU ini dan mengakui yang pertama difgelar di KCD Wilayah XIII.

"Ini merupakan kolaborasi yang sangat baik antara PWI dengan KPU, kami mempunyai 200 lebih sekolah yang menjadi kewenangan, ini sosialisasi yang pertama di wilayah XIII," katanya.

"Dengan sosialisasi ini adik-adik ini bisa paham apa fungsinya kita memilih dan secara kualitas kita memilih siapa. jangan memilih hanya karena memiliki fisiknya atau apapun yang bagus-bagus, tapi kita harus melihat dulu visi misi dan programnya," ungkapnya.

Menurutnya, para peserta yang hadir merupakan siswa pilihan perwakilan dari sekolahnya. Ia berharap para peserta nantinya dapat menginformasikan apa yang didapat dalam sosialisasi kepada teman-temannya.

"Sekolah sudah menunjuk adik-adik sekalian menjadi peserta. Diharapkan nantinya bisa menyebarkan kembali informasi kepemiluan kepada teman-teman lainnya," pungkasnya. (Nank/Eda)*



Post a Comment

0 Comments