Momentum HUT RI ke-79, 226 Warga Binaan Lapas Ciamis Dapat Remisi

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke-79, sebanyak 226 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis mendapat remisi, lima diantaranya memperoleh remisi bebas.

Penyerahan surat keputusan remisi diberikan setelah upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tingkat Kabupaten Ciamis, di Taman Lokasana Ciamis, Sabtu (17/8/2024).

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengatakan, warga binaan yang mendapatkan remisi dan kebebasan harus bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk memperbaiki hidupnya. Ia pun mengucapkan selamat kepada warga binaan yang mendapat remisi bebas.

"Selamat kembali kepada keluarga dan masyarakat. Jadikan pengalaman selama di Lapas sebagai pelajaran berharga untuk memulai kehidupan yang lebih baik," katanya.

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tingkat Kabupaten Ciamis berlangsung khidmat dengan partisipasi dari berbagai instansi pemerintah dan elemen masyarakat, hal ini menggambarkan semangat nasionalisme di Kabupaten Ciamis.

Menurut Engkus, kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan dengan mudah, tetapi diraih dengan penuh perjuangan, tetesan darah, pengorbanan jiwa dan raga bahkan nyawa para pahlawan yang berjuang melawan penjajahan.

"Mari kita renungkan kembali perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang berkorban demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Menurut Engkus, pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dinilai sebagai langkah penting dalam pemerataan pembangunan dan perekonomian negara.

"Dalam momen peringatan ni, mari kita perkuat persatuan dan kesatuan, sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun ini, yaitu 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'," tegasnya.

HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 menjadi moment penting untuk merayakan kemerdekaan dan memperkuat semangat persatuan dikalangan masyarakat. Untuk itu Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meneladani perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan.

"Mari kita jadikan moment ini sebagai motivasi untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," katanya.

Momentum peringatan HUT RI ke-79 ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat Ciamis untuk terus bersinergi dalam menjaga persatuan dan melanjutkan pembangunan daerah demi kesejahteraan bersama.

"Kita jaga dan tingkatkan kebersamaan serta sinergitas dalam mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kerja sama untuk pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Ciamis," katanya seraya mengakui, peringatan HUT RI di Kabupaten Ciamis ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana perayaan kemerdekaan dapat menjadi alat pemersatu dan motivator untuk kemajuan daerah. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments