Kampung Angklung Potensi Wisata Ciamis

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Yayasan Kampung Angklung Mandiri (YKAM) Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis resmi dikukuhkan oleh Dr H Herdiat Sunarya diwakili Dr H Tatang, M.Pd sebagai Ketua Relawan Herdiat-Yana (HY) Bumi Galuh yang juga melaunching Desa Wisata Panyingkiran sebagai Kampung Angklung, Sabtu (24/08/2024).

Pengukuhan dan launching diwarnai dengan memainkan angklung oleh Dr H Tatang bersama dengan para pemain angklung dari Yayasan Kampung Angklung Mandiri dan ditutup dengan turnamen olahraga Petanque.

Menurut Dr H Tatang, Kampung Angklung Desa Panyingkiran ini sangat bagus dan bisa menjadi program pembangunan Kabupaten Ciamis kedepannya.

"Kita ada Kampung Angklung, kenapa tidak ada Kabupaten Angklung, kalau kita mempunyai itu begitu masuk wilayah Ciamis, semua akan tahu, Jadi Kampung Angklung Ciamis ini harus terdengar oleh kabupaten/kota lain, bahkan ke luar negeri," katanya.

Tatang berharap agar Kampung Angklung yang luar biasa ini harus diperhatikan pemerintah agar menjadi potensi wisata di masa depan.

"Mudah-mudahan Desa Panyingkiran disamping desa wisata juga bisa menjadi kampung angklung yang mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakatnya," katanya.

Menurut H Tatang, apa yang ada terkait Kampung Angklung ini akan disampaikan kepada Bapak H Herdiat Sunarya sebagai satu-atunya calon Bupati Ciamis periode 2024-2029 untuk diperhatikan kedepannya.

Dijelaskan, H Herdiat tidak bisa hadir langsung dan memohon maaf karena ada kegiatan lain, tapi keberadaan Kampung Angklung ini akan langsung disampaikan kepada H Herdiat.

“Nanti akan saya sampaikan kepada beliau. Kami mohon doa restunya dan dukungannya kepada warga Panyingkiran, beliau kembali mencalonkan diri dalam Pilkada  serentak 2024, Pa H Herdiat kembai berpsangan dengan H Yana D Putra (HY),” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, sebagai Ketua Relawan HY Bumi Galuh yang juga mantan borokrat, H tatang menghimbau kepada warga Panyingkiran untuk berpartisipasi dalam Pilkada Ciamis 2024.

“Kami harapkan seluruh warga yang memiliki hak pilih tanggal 27 November 2024 agar berbondong-bondong datang ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya sesuai nurani memilih pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Kampung Angklung Mandiri, Asep Suhara, menurutnya Kampung Angklung ini suatu potensi yang luar biasa untuk dikembangkan karena bisa mengembangkan berbagai aspek, mulai dari ketenagakerjaan, ekonomi dan aspek sosial budaya.

"Ini sangat luar biasa, selain untuk wisata bisa juga untuk merekrut masyarakat yang selama ini masih menganggur, itu yang paling penting," katanya.

Dijelaskan, di Kampung Angklung ini juga ada produksi pembuatan angklung dan menggunakan bahan baku sebagain besar dari Ciamis, sisanya dari Garut dan Tasikmalaya. Saat ini sudah ada 87 pengrajin yang menggeluti proses pembuatan angklung.

"Untuk bahan baku angklung yang terbuat dari bambu hitam, kami terpaksa mendatangkan dari Garut karena kualitasnya, di sini juga ada tapi kualitasnya beda, lebih baik yang dari Garut atau dari Tasikmalaya," jelasnya.

Untuk pemasaran Asep menyampaikan, saat ini boleh dikatakan untuk dunia pendidikan cukup lancar, hanya saja di bagian pariwisata masih kurang, dan pemasaran sudah melayani daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan luar Jawa. Bahkan sudah mencoba ke luar negeri tapi karena spek yang masih kurang bagus harus distop dulu.

"Kampung Angklung ini Insya Allah akan dikembangkan lebih lanjut, kami menginginkan ada satu tempat yang representatif untuk Sanggar Kampung Angklung, agar kita bisa tampil seninya, bisa memperlihatkan produksi angklungnya, kita juga bisa untuk galeri tempat penjualan angklung," pungkasnya. (Eda)*


Post a Comment

1 Comments

  1. Semakin berkibar kampung angklung penyingkiran ciamis,, semakin banyak orang mengenali kampung angklung dari seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara 🤲🤲🙏

    ReplyDelete