Gebyar Merah Putih SMPN 1 Cimaragas

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2924 berbagai kegiatan digelar SMPN 1 Cimaragas dengan tajuk “Gebyar Merah Putih” diantaranya Jalan Santai, Lomba Nyanyi Lagu Perjuangan Siswa dan Guru, permainan/lomba-lomba dan hiburan.

Kepala SMPN 1 Cimaragas, Yudi Nugraha mengakui, kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT RI tersebut sebagai bukti kepedulian Keluarga Besar SMPN 1 Cimaragas tehadap jasa-jasa pahlawan bangsa yang sudah berjuang dalam Kemederkaan RI.

“Kegiatan juga tidak hanya digelar di lingkungan kampus tetapi juga ikut berpartisipasi berbaur dengan masyarakat Cimaragas dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 79,” katanya, Kamis (22/08/2024).

Diakuinya, sebagai bentuk partisipasi dalam Upacara HUT RI ke-79, SMPN 1 Cimarags juga mengikutkan Tim Paskibra, Drumband, Paduan Suara di Desa Cimaragas, Desa Raksabaya, dan Desa Jayaraksa berbaur dengan amsyarakat setempat.

Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan pembelajaran rasa nasionalisme dan bela negara kepada siswa dan turut partisipasi di masyarakat di Cimaragas.

Yudi berharap, dengan melibatkan murid-muridnya dalam memperingati HUT RI akan tumbuh rasa nasionalis kebangsaan yang tertanam sejak dini sehingga mereka akan manjadi orang-orang yang mampu menghargai jasa-jasa Pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa raganya untuk Kemerdekaan RI.

Dijelaskan, pelajar harus memahami kemerdekaan, sehingga mereka akan paham dengan arti kemerdekaan yang sesungguh seperti kemerdekaan menuntut ilmu, kemerdekaan mendapatkan pendidikan yang layak sesuai standar pendidikan yang diterapkan.

“Mereka juga harus merasakan merdeka mengisi masa statusnya sebagai pelajar dengan berbagai hal positif tanpa melanggar peraturan, dan merdeka menentukan cita-cita selanjutnya dan memperjuangkannya,” jelas Yudi.

Yudi juga mengajak, bersama-sama kita jadikan momentum hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun ini sebagai pengingat perjuangan belum selesai. 

“Kemerdekaan Indonesia berperan sebagai kunci pembuka gerbang kebebasan masyarakat Indonesia untuk berperan. Pada akhirnya, perjuangan untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia ada di tangan kita, tangan penerus bangsa, termasuk para pelajar di SMPN 1 Cimaragas ini,” pungkasnya. (Eda)*


Post a Comment

0 Comments