Galuh Youth Criterium Cari Bibit Atlet Potensial

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pengcab Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Ciamis menggelar kejuaraan Galuh Youth Criterium, balap sepeda jalan raya dengan jenis sepeda BMX/sepeda mini tingkat pemula pelajar SD-SMP se- Kabupaten Ciamis di Jalan Jenderal Sudirman (KPU - Kantor Pos) Minggu, (04/08/2024).

Galuh Youth Criterium diikuti 35 atlet dari 5 kategori, yaitu kategori 7-8 tahun (2016) putra, 9-10 tahun (2015-2016)  putra, 9-12 tahun (2012-2015) putri, 13-15 tahun (2009-2011) putra dan 11-12 tahun (2012-2013) putra.

Sekda Kabupaten Ciamis Dr H Andang Firman Triyadi yang juga Ketua Pengcab ISSI Ciamis membuka langsung Galuh Youth Criterium didampingi Kapolres, Dandim dan Ketua KONI beserta jajaran pengurus KONI.

Menurut Andang, digelarnya event Galuh Youth Criterium ini menjadi salah satu program pengcab ISSI untuk memcari bibit atlet atau mencetak atlet sepeda berprestasi di Kabupaten Ciamis.

"Kita sedang mencari pembibitan untuk atlet-atlet sepeda di Kabupaten Ciamis, ini merupakan yang kedua kali Pengcab ISSI menggelar event seperti ini, yang pertama di jalan perkantoran dan kemudian hari ini di jalan Jendral Sudirman," katanya.

Dijelaskan, Kejuaraan Galuh Youth Criterium ini akan rutin digelar setiap tiga bulan atau dua bulan sekali, untuk meningkatkan animo bersepeda masyarakat umum terutama anak anak pelajar SD-SMP.

"Kegiatan ini mudah mudahan dapat meningkatkan animo bersepeda anak anak di Kabupaten Ciamis, yang paling penting adalah memupuk sportivitas, dan hidup sehat," jelasnya.

Selain untuk mencari dan mencetak atlet atlet sepeda terbaik, Andang juga menginginkan dengan digelarnya dua bulan sekali event ini akan menghilangkan kebiasaan bermain gadget/handphone terhadap anak.

"Kalau kita terus menggelar event event seperti ini nantinya anak anak akan sering berlatih dan mereka akan lupa tentang gadget atau handphonenya, bonusnya kita bisa memunculkan dan mencetak bibit unggul untuk atlet di Kabupaten Ciamis," katanya.

Andang berharap, agar seluruh pengurus cabang olahraga lainnya bisa menggelar event event seperti ini, sehingga nantinya Kabupaten Ciamis bisa menjadi kabupaten olahraga.

"Kami dari ISSI dan Pemkab Ciamis berharap tidak hanya event sepeda, di Ciamis kan ada venue atletik, tenis lapang dan masih banyak yang lainnya, maka dari itu sangat mungkin sekali Kabupaten Ciamis menjadi kabupaten olahraga," katanya.

Andang juga berharap, atlet-atet Ciamis bisa mewakili Indonesia di kancah internasional. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments