Doervoer 100% Ulin Gelar Donor Darah dan Santuni Anak Yatim

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemkab Ciamis bersama Doervoer 100% Ulin, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan bakti sosial Peduli Thalasemia.

Kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian komunitas Doervoer terhadap pengidap Thalasemia di Kabupaten Ciamis, dengan melaksanakan donor darah.

Dalam kegiatan yang berjargon "Leuwih Hade Nyumbang Geutih Tibatan Guyang Geutih" itu, selain donor darah Doervoer juga memberikan santunan kepada anak yatim, piatu, jompo dan penderita Thalasemia di Aula Komplek Islamic Center Ciamis, Selasa (27/08/2024).

Donor darah merupakan tindakan mulia karena dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Setiap tetes darah yang diberikan mampu memberikan harapan bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit atau kecelakaan.

Sekda Ciamis, Dr. Andang Firman Triyadi yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada komunitas Doervoer 100% Ulin yang sudah rutin melaksanakan kegiatan donor darah dan santunan.

"Doervoer mengajarkan kepada kita, untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kemanusiaan, tidak hanya ulin atau main saja. sejak tahun 2008 Doervoer melaksanakan bakti sosial, ini luar biasa sudah 15 tahun," katanya.

Menurutnya, adanya donor darah ini masyarakat yang membutuhkan darah bisa terlayani dengan baik. Ia berharap dengan kegiatan ini masyarakat Ciamis sehat. Bagi masyarakat yang memenuhi syarat, mari kita donorkan darah untuk membantu sesama.

Masih dalam momen Hari Kemerdekaan ini, Andang mengajak masyarakat untuk mengisi waktu dengan aktivitas yang memberikan kontribusi nyata, seperti donor darah.

"Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan rutin, apalagi selain donor darah ada juga santunan kepada para penderita penyakit Thalasemia, anak yatim/piatu dan jompo. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban mereka," kata Sekda.

Gubernur Doervoer Ciamis, Rusna Apriatna yang akrab disapa Pap Unya mengatakan, anggota komunitas Doervoer semakin bertambah banyak.

"Kami mengajak masyarakat untuk bergabung dengan Doervoer, tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk mencari pahala melalui kegiatan seperti donor darah," katanya.

Unya juga menjelaskan, sejak berdiri pada tahun 2008, Doervoer selalu aktif menggelar bakti sosial donor darah dan santunan anak yatim, namun kegiatan itu sempat terhenti selama pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah Doervoer selalu bersinergi dengan pemerintah dan kembali aktif menggelar kegiatan donor darah pasca pandemi Covid-19," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga bulan, selain donor darah, Doervoer juga peduli terhadap anak-anak pengidap Thalasemia, yatim piatu, dan jompo.

"Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79. Kami berusaha membahagiakan mereka dengan memberikan santunan," katanya.

Unya bersyukur, dengan animo masyarakat yang antusias mendonorkan darahnya, hingga tercatat 120 pendonor. Hal tersebut membuktikan rasa kepedulian masyarakat Kabupaten Ciamis terhadap penderita Thalasemia sangat tinggi.

“Alhamdulillah dengan dukungan dari semua pihak, kegiatan sosial ini dapat terlaksana. Animo masyarakat juga sangat antusias utamanya dalam donor darah," katanya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Ciamis, H Iing Syam Arifin juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Doervoer.

"Kami sangat bangga karena mereka membantu menyediakan darah yang sangat dibutuhkan, terutama untuk penderita Thalasemia," katanya.

Menurutnya, kerja sama antara PMI, Doervoer, Baznas, dan Pemda Ciamis untuk mendukung program-program kemanusiaan ini sangatlah penting. Untuk itu dalam waktu dekat, PMI Ciamis berencana membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Doervoer untuk terus menyediakan darah bagi penderita Thalasemia.

"Insya Allah, PMI sepenuhnya akan mendukung kegiatan seperti ini," pungkasnya. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments