Budaya Baca dan Kecakapan Literasi Berhubungan Erat dengan Tingkat Kecerdasan

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Untuk meningkatkan literasi masyarakat, Pemkab Ciamis menggelar kegiatan penguatan peran masyarakat terhadap literasi secara daring yang diikuti para kepala desa, bunda literasi, akademisi, perwakilan sekolah, Ketua Forum Taman Baca, dan Duta Baca Ciamis di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Kamis (8/8/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong masyarakat agar lebih aktif dalam membaca dan belajar. Turut hadir secara langsung mendukung acara tersebut,  Plt Kepala Perpustakaan Nasional RI, Prof. E. Aminuddin Aziz, MA Ph.D.,

Menurut Sekda Ciamis, H. Andang Firman Triyadi, budaya baca dan kecakapan literasi berhubungan erat dengan tingkat kecerdasan dan kekuatan ekonomi suatu negara, seperti Singapura dan Jepang yang memiliki budaya baca tinggi serta tingkat perekonomian dan kesejahteraan yang tinggi.

“Masyarakat tidak boleh menganggap sepele budaya membaca dan kecakapan literasi dalam proses pembangunan negara menuju kesejahteraan,” katanya.


Dijelaskan, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan tingkat kegemaran membaca (TGM) di Kabupaten Ciamis pada tahun 2023 masih berada dalam kategori sedang.

"Program-program yang ada sudah dilaksanakan secara kolaboratif dan integratif antara berbagai stakeholder untuk meningkatkan IPLM dan TGM, sesuai dengan kebijakan Perpustakaan Nasional," katanya.

Sementara Plt Kepala Perpustakaan Nasional, Prof. E. Aminuddin Aziz, dalam arahannya menjelaskan, data menunjukkan hasil pembangunan literasi, numerisasi, dan kegemaran membaca di Indonesia belum memuaskan.

"Berdasarkan Asesmen Nasional, saat ini 50% anak Indonesia tidak bisa membaca dengan benar dan 66,7% tidak dapat menghitung. Selain itu, menurut Bank Dunia, 51% orang Indonesia tidak memenuhi kualifikasi literasi yang baik," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan penguatan peran masyarakat terhadap literasi ini dapat lebih mengembangkan budaya baca dan kecakapan literasi bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan juga diwarnai penyerahan bantuan bahan bacaan bermutu untuk total 38 perpustakaan di Kabupaten Ciamis, terdiri dari 12 perpustakaan Desa/Kelurahan dan 26 perpustakaan Taman Baca Masyarakat (TBM). (Eda)*


Post a Comment

0 Comments