Alfamart Gelar Pelatihan Manajemen Ritel dan Kurasi Produk UMKM

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Pemkab Ciamis melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis bersama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Regional Corporate Communication menggelar pelatihan manajemen ritel dan kurasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diikuti 50 pelaku UMKM Ciamis di Aula Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Rabu (14/08/2024).

Pj Bupati Ciamis diwakili Asda II Setda Kabupaten Ciamis, Hendra Suhendra sangat mengapresiasi pelatihan tersebut yang menurutnya, UMKM adalah pilar penting untuk meningkatkan perekonomian baik secara skala lokal dan nasional.

"Para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Sehingga nantinya bisa memperluas jangkauan dan pemasaran produknya," katanya.

Kepala Dinas KUKMP Ciamis, Asep Khalid juga sangat mengapresiasi pelatihan tersebut yang memiliki potensi luar biasa untuk menumbuhkan pelaku UMKM agar semakin berdaya ke depannya.

“Saya harap pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produksinya. Jika masih ada yang kurang atau belum dapat masuk ke Alfamart nanti ada perbaikan,’’ katanya.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk mewujudkan kolaborasi yang saling menguntungkan dan menghargai antara Alfamart dengan pelaku UMKM.

"Alhamdulillah lebih dari 50 produk makanan dari 50 UMKM Ciamis yang telah dipasarkan di Alfamart," katanya seraya berharap, adanya pelatihan tersebut para pelaku UMKM di Ciamis bisa semakin piawai dalam memasarkan produknya.

"Mereka sudah dapat menghasilkan produk berkualitas, namun masih kesulitan untuk pemasaran," tegasnya.

Manager PT Sumber Alfaria Trijaya/Alfamart, Arief Friyadi mengatakan, pelatihan manajemen ritel dan kurasi produk UMKM merupakan salah satu komitmen dari Alfamart untuk bisa membantu UMKM naik kelas.

Menurutnya, pelatihan ini untuk mendukung pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulannya. Agar produk UMKM bisa dipasarkan di Alfamart, ada beberapa syarat yang harus ditempuh salah satunya produk harus memiliki sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) dan  Sertifikasi Halal juga pengemasan yang menarik.

"Kami siap menampung produk UMKM selama produknya bagus dan terpenuhi syarat nya," tegasnya.

Dijelaskan, pelatihan ini muaranya agar produk pelaku UMKM bisa terpampang di Alfamart. Bukan hanya naik kelas, tapi bisa menambah pendapatan. Pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis pasti mempunyai produk UMKM yang potensial untuk dikembangkan.

"Produk UMKM Ciamis harus bisa ekspansi ke daerah lain, jadi bukan hanya dalam skala lokal, tetapi bisa sampai nasional. Saya ingin produk Ciamis bisa didapatkan juga di Jakarta," katanya.

Arief menghimbau agar para peserta pelatihan punya mental baja dan semangat pantang menyerah. Karena untuk bisa berhasil diperlukan kerja keras dan kesungguhan hati.

"Seringkali pelaku usaha ditengah perjalanan sudah kendor semangatnya. Saya harap pelaku UMKM ini punya semangat sehingga bisa meraih kesuksesan," katanya.

Dijelaskan, banyak kendala yang dihadapi para pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya, ada dua hal yang sering menjadi kendala para pelaku UMKM yaitu permodalan dan pemasaran. Untuk pemasaran pihaknya akan membantu. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments