51 Anggota Paskibraka Siap Mengemban Tugas Agung Kenegaraan

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Sebanyak 51 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ciamis terpilih resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna disaksikan pejabat Forkopimda, Kepala OPD serta keluarga Paskibraka di Halaman Pendopo Bupati, Jum'at (16/08/2024).

Anggota Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terpilih dari berbagai sekolah di Ciamis, nantinya akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 sebagai tugas agung kenegaraan.

Pengukuhan merupakan momen yang sangat penting bagi mereka, karena mereka menjadi bagian dari tradisi nasional yang menghargai jasa para pahlawan.

Selain bertugas mengibarkan bendera, mereka juga bertugas penurunan bendera Merah Putih pada puncak peringatan HUT ke- 79 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Ciamis.

Pj Bupati Ciamis mengucapkan selamat kepada para anggota Paskibraka Ciamis yang telah dikukuhkan, dan berharap para anggota Paskibraka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai putra putri Kabupaten Ciamis terpilih, ananda semua harus bisa menjaga jiwa nasionalisme dan patriotism. Laksanakan dengan penuh tanggung jawab, karena ini mengandung makna yang sangat dalam yaitu nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam pikiran dan tindakan," jelasnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Ciamis, Yadi Trisyadi mengatakan, sejak awal rekrutmen ada 312 orang yang ikut seleksi pada Februari 2024, namun yang lulus ada 51 orang, mereka merupakan siswa-siswi terpilih dari SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta

"Alhamdulillah animo dari siswa-siswi untuk menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ciamis cukup tinggi. Semoga kedepannya semakin banyak," jelasnya.

Dikatakannya, ke-51 orang anggota Paskibraka merupakan putra-putri kebanggaan Kabupaten Ciamis, perwakilan dari 27 kecamatan. Mereka dipilih melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari tes wawasan kebangsaan, intelegensi umum, kesamaptaan, kesehatan, parade.

"Pendidikan Baris Berbaris (PBB), wawancara dan rangkaian tes lainnya, juga ditempa jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan," katanya.

Tuti Fitri warga Kawali orang tua dari Tuti Nurasiah siswi SMKN 1 Kawali merasa bangga anaknya menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ciamis 2024.

"Alhamdulillah, sangat bangga anak saya mengikuti proses seleksi, lulus, dan menjalani karantina selama kurang lebih 10 hari," katanya.

Ia berharap, dengan mengikuti kegiatan ini, putrinya dapat termotivasi dan mendapatkan banyak manfaat serta pengalaman berharga yang dapat diterapkan di masa depan.

"Semoga acara besok bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun," harapnya.

Ke-51 anggota Paskira tersebut berasal dari SMAN 1 Ciamis 5 orang, SMAN 2 Ciamis 7 orang, SMAN 3 Ciamis 1 orang, SMAN 1 Cihaurbeuti 4 orang, SMAN 1 Banjarsari 4 orang, SMAN 1 Rancah 3 orang, SMAN 1 Kawali 5 orang, SMKN 1 Kawali 2 orang, SMAN 1 Pamarican 2 orang, MAN 2 Ciamis 2 orang, SMK Tri Bintang 2 orang, dan masing-masing satu orang dari SMAN 1 Sindangkasih, SMAN 1 Sukadana, SMA Informatika Ciamis, MA El Bas, SMK Muhammadiyah 2 Banjarsari, SMKN 1 Rancah, SMKN 2 Ciamis, SMKN 1 Ciamis, MAN 3 Ciamis, SMKN 1 Rajadesa, MAN 1 Ciamis, SMAN 1 Panawangan, SMAN 1 Lumbung dan dari MAN 6 Ciamis. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments