Peringati Hari Sungai, PDAM Tanam 1.000 Pohon di Kawasan Sungai

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Sebagai aksi nyata dan bentuk rasa kepedulian terhadap sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Ciamis, dalam memperingati Hari Sungai dan Hari Jadi PDAM Tirta Galuh ke 36, Perumdam Tirta Galuh Ciamis bersama dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Paguyuban Peduli Alam Galuh Asri (Pedal Gas), Zurig Cai, Galuh Ethnic dan KPS Cireong melakukan penanaman 1.000 pohon di beberapa ruas Sungai Cireong, Citanduy, Cileueur dan  Cimuntur.

Direktur Utama  Perumdam Tirta Galuh, Amsi Yudi Purwanto bersama staf PDAM turun langsung dibantu KPS menanam pohon secara serentak di hari puncak penanam 1000 pohon di kawasan Obyek Wisata Air Cireong di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Minggu (27/07/2024).

Menurut Amsi, nti acara ini merupakan aksi nyata dan bentuk rasa kepedulian terhadap sumber daya alam yang dimiliki kabupaten Ciamis.

"Intinya dan yang paling utama rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepedulian untuk menjaga alam yang ada di Ciamis," katanya.

Dijelaskan, 1000 pohon ini di tanam secara bertahap ada di ruas Sungai Citanduy, Cileuer, Cimuntur dan puncaknya di area kawasan Sungai Cireong diantaranya jenis pohon yang ditanam seperti beberapa jenis tanaman mulai dari pala, manggis, durian, picung, cengkeh dan kawung.

"Untuk penanaman 1000 pohon secara bertahap ini kami berkolaborasi dengan 4 KPS ada Pedalgas, Zurig Cai, Galuh Ethnic dan KPS Cireong," jelasnya.

Amsi berharap, kedepannya menjadi program kerja perusahaan yang mengusung tanggung jawab lingkungan, dan akan melakukan hal hal yang lainnya selain dengan menanam pohon.

"Harapan kami apa yang kami lakukan ini bisa berkesinambungan, bisa dipelihara dengan baik, memang manfaatnya tidak akan bisa dirasakan sekarang, ini merupakan investasi kedepan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan di generasi mendatang," jelasnya.

"Yang jelas pohon itu penting untuk kehidupan, mudah-mudahan kedepannya pohon semakin banyak agar bisa menopang daya pertumbuhan penduduk hari kehari semakin bertambah," katanya.

Sekretaris Kecamatan Sindangkasih, Irfan Hielmy, S.STP, M.Si sangat berterimakasih dan bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan Perumadam Tirta Galuh dan beberapa Komunitas Peduli Sungai.

"Ini merupakan sinergi bersama bagaimana kita terus menjaga kelestarian alam, karena air ini merupakan sumber kehidupan kita dan keberlangsungan kita, tidak untuk kebutuhan air minum akan tetapi untuk kepentingan kehidupan yang lainnya," katanya.

Irfan juga berharap agar kegiatan penanaman ini menyadarkan masyarakat tentang pentingnya edukasi atau pentingnya bagaimana menanam kelestarian hidup yang jauh lebih baik kedepannya.

"Apabila kita tidak menjaga alam, bagaimana dengan keturunan kita, meskipun tidak langsung dirasakan tapi apa yang kita rasakan hari ini merupakan hasil upaya kerja keras orang tua, leluhur kita dalam menjaga kelestarian alam melalui menanam," ungkapnya.

Sedangkan Ketua Pedal Gas, Noer JM menyambut baik langkah tersebut. Menurutnya, Sungai Cireong, merupakan casing area yang debutnya langsung ke pusat.

"Agenda pertahun tidak bisa dilakukan melalui deadline, setiap adanya tanaman kita tanam di manapun itu yang penting jadi sumber kehidupan. Pedal Gas sudah melakukan Road Trip, penanaman, bersih sungai sejak 5 Juni hingga 27 Juli," ucapnya.

Ditambahkan, kegiatan hari puncak penanaman ini melibatkan karyawan PDAM Tirta Galuh, KPS Pedal Gas, Cireong, Zurig Cai dan KPS Galuh Etnic, juga perangkat desa setempat dan masyarakat sekitar.

Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional dan hari jadi PDAM, kegiatan ini diharapkan menjadi contoh bagi instansi lain untuk turut serta dalam menjaga kelestarian alam.

“Sesungguhnya penanaman ini adalah hal yang mulia karena menanam pohon merupakan menanam kehidupan. Kalau bisa, bukan hanya PDAM yang melakukan, tetapi dinas lain pun turut mengikuti langkah ini. Menanam 1000 pohon bukan hanya tugas dinas terkait karena urusan menanam pohon dan air adalah urusan kita semua," pungkasnya. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments