Pasar Manis Kebakaran, Satu Kios Ludes

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Sebuah kios di Pasar Manis Ciamis mengalami kebakaran dan menggemparkan sejumlah pedagang dan pembeli yang berada di Blok A, sehingga mereka berlari menyelamatkan diri dari kebakaran yang melanda Pasar Manis Ciamis.

Sejumlah warga yang panik dengan kejadian itu berusaha menyelamatkan diri, meski tidak menelan korban jiwa, namun seorang pengunjung dievakuasi dan dilarikan ke RSUD Ciamis untuk diberikan perawatan.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis berjibaku memadamkan api di ruko yang berada di Blok A tersebut, meski api berhasil dipadamkan, namun kondisi ruko ludes dilalap si jago merah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Kabupaten Ciamis melalui Kepala Bidang Damkar, Feri mengatakan, pihaknya dengan sigap setelah menerima laporan terjadi kebakaran langsung meluncur ke lokasi.

“Seperti dalam simulasi ini, kami langsung melakukan penanganan kebakaran dari Satpol PP Bidang Damkar, sebagai upaya memberikan edukasi kepada para pemilik kios atau pedagang yang ada di Pasar Manis Ciamis agar selalu siap siaga jika suatu saat terjadi musibah kebakaran,” jelasnya.

"Kami memberikan edukasi kepada warga pasar Manis Ciamis agar tidak panik dan mengetahui penanganan jika suatu saat terjadi musibah kebakaran,” katanya.

Menurut Feri, kegiatan itu juga sebagai kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi musim kemarau yang rawan terjadinya kebakaran.

Pihaknya bersyukur karena semua stakeholder terkait seperti TNI, Polri, BPBD termasuk Himpunan Pedagang Pasar Ciamis (HPPC) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Ciamis mendukung terlaksananya kegiatan ini.

"Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar sesuai yang diharapkan," katanya.

Dipilihnya Pasar Manis Ciamis sebagai tempat kegiatan, karena banyak masyarakat berkumpul, baik pedagang maupun pengunjung. Jadi ada baiknya untuk mensosialisasikannya langsung kepada masyarakat.

Adapun yang disimulasikan dalam kegiatan itu diantaranya penanganan kebakaran di dalam pasar di blok A, pemadaman api dengan cara ditutup karung goni yang dibasahi air, dan pemadaman dengan alat pemadam api ringan (Apar).

"Mudah-mudahan setelah kita simulasi sosialisasi di Pasar Manis ini bisa dijadikan barometer untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi penanggulangan kebakaran," pungkasnya. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments