Kikis Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Untuk mengikis angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis melalui Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Kursus Latihan Kerja (KLK) membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) barista, digital marketing, menjahit dan pemelihara roti dan kue di Aula UPTD Disnaker Ciamis, Selasa (23/07/24).

Pelatihan tersebtu diikuti oleh 64 orang yang pendaftarannya langsung ke kantor UPTD Disnaker Ciamis, dengan syarat utama memiliki KTP dan HP android dan peserta berusia produktif dari 18-35 tahun.

Pelatihan berbasis kompetensi barista, digital marketing, menjahit dan pemelihara roti dan kue ini sebetulnya terdaftar ratusan orang, namun disaring lagi menjadi 64 orang terpilih, masing masing 16 orang per jurusan dan mengikuti pelatihan selama 33 hari.

Kepala UPTD Disnaker Ciamis, Adang Sobari menjelaskan dengan kegiatan pelatihan ini juga bisa mengikis angka pengangguran.

"Alhamdulillah, setiap tahun UPTD Disnaker menyumbang sekitar 50-60%," katanya.

Adang juga mengatakan pihaknya akan membantu dan mengarahkan para pencari kerja dengan mendaftarkannya ke perusahaan tujuan.

"Kita akan membantu mengarahkan karena kalau daftar sendiri banyak yang terkendala seperti NIK nya tidak valid, atau yang lainnya," katanya.

Ia juga berharap agar seluruh anak anak yang mengikuti pelatihan barista, digital marketing menjahit dan pemelihara roti dan kue ini bisa mendapatkan skill yang baik dan mampu meningkatkan kualitasnya.

"Mudah mudahan anak yang mengikuti pelatihan ini bisa bekerja dan membuka usaha sendiri, atau bekerja di industri," katanya.

Menurutnya, sudah ada MoU dengan beberapa perusahaan, di bidang menjahit ke Sansan Digital dan  PT litech Majalengka, digital marketing PT Naturindo Ciamis, dan barista diarahkan ke kedai/cafe yang ada di Ciamis atau disarankan membuka usaha sendiri. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments