HSN DPRKPLH Tanam 300 Pohon, Apel di Tengah Sungai

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional (HSN) tahun 2024 Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis berkolaborasi dengan 15 komunitas peduli sungai yang tergabung dalam Komunitas Peduli Sungai dan Alam Khusus (KOPASUS) menanam 300 bibit pohon di kawasan Sungai Cimuntur Desa Winduraja, Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Selasa (30/07/2024).

Sebelum penanaman digelar apel Hari Sungai Nasional dengan peserta para anggota KPS dan tamu undangan, para anggota KPS berbaris di ruas sungai yang terlihat kering, sementara para tamu undangan menempati lahan dibawah jembatan, namun mereka mengukti jalannya apel dengan khidmat.

Kepala Dinas DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Okta Jabal mengatakan, penanaman 300 bibit ini ada 3 jenis, diantaranya petai, picung dan pala yang ditanam di kawasan Sungai Cimuntur, dan sebagian diberikan kepada KPS untuk ditanam di kawasan sungai yang patut atau perlu ditanami.

“Dengan dilaksanakannya penanaman ini dihrapkan membatu dan mengurangi kerusakan sempadan sungai maupun konservasi alam yang ada di wilayah Sungai Cimuntur. Penanaman ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kerusakan sungai yang terjadi maupun konservasi alam yang ada di sungai cimuntur," kata Okta.

Okta juga berharap seluruh elemen yang ada mampu menjaga alam dan sekitarnya tanpa kepedulian dan kesadaran masyarakat pada umumnya.

"Pemerintah sudah berkolaborasi dengan komunitas peduli sungai juga penggiat lingkungan maupun dengan masyarakat sekitar kita bisa terus menjaga kelestarian alam yang nanti manfaatnya akan dirasakan oleh kita semua," jelasnya.

Diakuinya, para pecinta dan penggiat komunitas peduli sungai di Kabupaten Ciamis berkembang dan meningkat.

"Insyaallah alam dan sungai di kabupaten Ciamis ini akan terus terjaga, karena para penggiat dan pencinta sungai juga meningkat dan berkembang," kata Okta.

Selain para penggiat berkembang dan meningkat, Anggota Komunitas Peduli Sungai dan Alam Khusus (KOPASUS) Kabupaten Ciamis juga bertambah menjadi 16 KPS.

"Alhamdulillah hari ini bergabung dengan kami KPS Yudha Pratama dari Kecamatan Panawangan, mudah mudahan kedepannya bisa bertambah lagi," pungkasnya. (Eda)*


Post a Comment

0 Comments