KAWALI,- Untuk keduakalinya Pemkab Ciamis melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar pelayanan on the street, sebelumnya di Halaman Stadion Galuh Camis, kali ini Bapenda menyapa warga Kawali di Taman Surawisesa, Jumat (14/04/2023).
Pelayanan on the street sebagai solusi memudahkan pelayanan dan sosialisasi pajak kepada masyarakat itu menyediakan berbagai jenis pelyanan Pajak Daerah (PBB) dari Bapenda, perijinan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pembuatan kartu parkir berlangganan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan layanan perbankan dari Bank Jabar Banten (bjb), pembuatan SIM dan layanan pajak kendaraan dari Samsat.
Kepala Bapenda Kabupaten Ciamis, Aep Saepuloh mengatakan, pelayanan on the street ini merupakan agenda tahunan yang digelar setiap Ramadan, untuk memberikan kemudahan dalam hal pelayanan pembayaran pajak, pembuatan KTP, aktivasi IKD, mengurus perizinan, perbankan dan lainnya.
“Kegiatan
ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat,” katanya.
Dalam kegiatan itu digelar juga hiburan live musik, berbagi takjil untuk berbuka puasa dan memberikan bantuan kepada masyarakat. Walaupun cuaca kurang mendukung namun tidak menyurutkan masyarakat untuk memanfaatkan dan mengunjungi stand-stand pelayanan.
“Ini merupakan salah satu upaya kita agar lebih dekat dengan masyarakat. Adanya sosialisasi terkait pajak diharapkan masyarakat bisa lebih memahami dan sadar akan pentingnya membayar pajak, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan dari sektor pajak daerah,’ katanya.
Aep juga menjelaskan, selain di bulan Ramadhan, kegiatan yang sama juga akan digelar pada moment tertentu seperti hari jadi Kabupaten Ciamis Juni mendatang.
“Kedepannya kita akan coba melaksanakan pelayanan mobile secara rutin dan turun langsung ke masyarakat, jemput bola untuk memberikan pelayanan sambil mensosialisasikan program pemerintah, terutama tentang pajak daerah,” tegas Aep.
Diakuinya, kegiatan serupa sebelumnya di halaman Stadion Galuh Ciamis melibatkan empat instansi, di Kawali ini ada tujuh instansi yang turut memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Tidak
menutup kemungkinan kedepannya semua instansi yang ada dapat memberikan
pelayanan secara mobile kepada masyarakat. Pelayanan itu tidak harus ada
transaksi, kita memberikan edukasi, sosialisasi terkait pajak daerah,
program-program pemerintah dan lainnya, sehingga masyarakat mengetahuinya itu
merupakan salah satu bentuk pelayanan,” pungkasnya. (Nank)**
0 Comments